Rugikan Perusahaan Rp1 Miliar, 22 Pencuri Sawit Ditangkap Polda Sumsel

dukun gadungan

Ilustrasi polisi. [foto: langgam.id]

Langgam.id – 22 orang yang merupakan pelaku pencurian sawit di lahan milik PT Lonsum Mangsang, di Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Muba ditangkap oleh Subdit 3 Jatanras Ditreskrimum Polda Sumatera Selatan (Sulsel).

Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes Hisar Siallagan megungkapkan bahwa para pelaku telah melakukan aksi pencurian sejak (15/09/2021) lalu. Namun, kejadian ini baru dilaporkan ke SPKT Polda Sumsel pada tanggal (1/10/2021). Akibat tindak pencurian ini PT Lonsum mengalami kerugian senilai hampir Rp1 Miliar.

“22 tersangka tertangkap tangan petugas saat melakukan aksi pencurian usai kita mendapatkan informasi keberadaan sedang berada di divisi kebun Tirta lahan sawit, Desa Mangsang, Bayung Lencir,” ucap Hisar dalam website resmi Polri Sumatera Selatan pada, Rabu (27/10/2021).

Saat melancarkan aksinya, setiap pelaku memiliki peran dan tugasnya masing-masing. 7 orang bertugas untuk memeriksa keamanan di sekitar lokasi, 12 orang bertugas untuk memanen buah sawit, dan 3 orang lainnya berperan sebagai sopir truk untuk mengangkut sawit hasil curian.

Pada kasus ini polisi juga menyita beberapa barang bukti di antaranya satu unit mobil dump truk, 7 unit sepeda motor, 2 unit dua unit angkong atau sorong, 1 keranjang timbangan, sebuah kapak, 3 parang, satu alat pengangkat timbangan dan 500 kilogram sawit.

"Modus tersangka melakukan pencurian saat kebun tidak ada pekerjanya. Dalam melancarkan aksinya para tersangka sudah mempersiapkan peralatan yang digunakan untuk memanen buah sawit. Komplotan tersangka ini memang sudah terorganisir, dan saat ini masih dalam pengembangan kita,” jelasnya. (Mg Winda)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

pembunuh gadis
Tim Antibandit Ringkus Gerombolan Pencuri Ternak di Agam
Maling Menyamar Jadi Mahasiswi di UNP: Gasak Tas Wakil Dekan, Akhirnya Ditangkap
Maling Menyamar Jadi Mahasiswi di UNP: Gasak Tas Wakil Dekan, Akhirnya Ditangkap
pembunuh gadis
Pencuri Oli di Padang Terekam CCTV, Mengaku Saat Diinterogasi Polisi
IRT di Padang Bawa Kabur Sepeda Motor Korban Kecelakaan
IRT di Padang Bawa Kabur Sepeda Motor Korban Kecelakaan
Langgam.id - Seorang pria berinisial IK (29) diringkus polisi karena diduga mencuri sepeda motor merek Honda Astrea Grand tahun 1997.
Curi Sepeda Motor Astrea Grand tahun 1997, Seorang Pria di Agam Diringkus Polisi
Dinas Kesehatan Bantah Isu Soal Warga Pasaman Barat Suspect Corona, pendataan keluarga
Sempat Kejar-Kejaran dengan Polisi Padang Pariaman, Residivis Pencuri Ponsel Tertangkap