RS Unand Siap Operasikan 12 Ruang Isolasi untuk PDP Corona di Sumbar

Kepala Labor Unand

Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Andani Eka Putra memperlihatkan alat dalam pemeriksaan spesimen corona (Foto: Irwanda/Langgam.id)

Langgam.id - Rumah Sakit (RS) Universitas Andalas (Unand) telah mempersiapkan sebanyak 12 ruang isolasi untuk menampung Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona (Covid-19) di Sumatra Barat (Sumbar).

Belasan ruang isolasi itu ditargetkan mulai beroperasi, Minggu (29/3/2020).

Direktur Umum dan Sumber Daya RS Unand, dr Andani Eka Putra menyebutkan, saat ini 12 ruang isolasi tersebut masih dalam tahap perbaikan. Tempat isolasi PDP Covid-19 itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

“Ada 12 ruang isolasi yang kami siapkan untuk PDP di Sumbar. Sekarang masih tahap pengerjaan, InsyaAllah beberapa hari lagi sudah bisa kita operasikan,” ujar Andani kepada Langgam.id, Selasa (24/3/2020).

Namun, kata Andani, RS Unand hingga saat ini masih kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis. APD yang kurang, katanya, seperti Baju Hazardous material suit atau Hazmat Suit, kacamata pelindung (Uvex Stealth Safety) hingga Masker N95.

“Stok masker yang ada saat ini sebanyak 50 seat, tapi yang akan menggunakan banyak. Menanggulangi hal itu, kami sudah koordinasikan dengan Kemenristekdikti hingga Kemenkes,” katanya.

Dikatahui sebelumnya, Berdasarkan rapat yang dipimpin Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menetapkan RS Unand sebagai rumah sakit rujukan Covid-19.

Gudang obat RS Unand akan digunakan sebagai runag isolasi bagi pasien PDP. Sejumlah fasilitas agar bisa digunakan sebagai ruang isolasi itupun juga sudah disepakati akan diperbaiki sesegera mungkin, dengan target waktu selama satu minggu.

Gudang obat yang akan dijadikan sebagai ruang isolasi itupun diketahui jauh dari ruangan pasien biasa. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Rektor Universitas Andalas (UNAND) Efa Yonnedi memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ajaran baru
Rektor UNAND Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar
Prabowo Terbang dari Abu Dhabi ke BIM Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang, Andre: Bukti Cinta Sumbar