RS Unand Kekurangan Tenaga Medis untuk Operasikan 12 Ruang Isolasi PDP Corona

Penanganan Virus Corona di Sumbar

Laboratorium Fakultas Farmasi Unand. (Humas Unand)

Langgam.id – Rumah Sakit (RS) Universitas Andalas (Unand) telah mempersiapkan sebanyak 12 ruang isolasi untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona (Covid-19) di Sumatra Barat (Sumbar). Namun, hingga saat ini agar belasan ruang isolasi itu dapat dioperasikan, RS Unand masih kekurangan tenaga kesehatan.

Informasi yang diperoleh Langgam.id sebelumnya, RS Unand akan mengoperasikan ruang isolasi untuk PDP Covid-19 mulai, Minggu (29/3/2020).

Direktur Umum dan Sumber Daya Rumah Sakit Unand, dr Andani Eka Putra mengatakan, jika 12 ruang isolasi itu dioperasikan, pihaknya masih membutuhkan petugas kesehatan. Karena, tenaga medis yang ada saat ini belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan belasan ruang isolasi tersebut.

Kekurangan tenaga medis itu, kata Andani, sudah dikoordinasikan dan disampaikan langsung kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

“Kita kekurangan tenaga, itu pasti. Perlu penambahan tenaga medis dari luar untuk mengoperasikan 12 ruang isolasi tersebut. Direktur kami juga sudah sampaikan ke gubernur adanya kekurangan tenaga medis itu,” ujarnya kepada Langgam.id, Selasa (24/3/2020).

Dijelaskan Andani, Rumah Sakit Unand memang banyak dokter spesialis. Namun, untuk spesialis paru-paru hanya ada lima orang dokter, itupun lebih fokus ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

“Kita ada lima orang dokter paru-paru, tapi ini overlap ke M Djamil Padang. Tapi, kalau penjelasan lebih lanjutnya, lebih baik ke Pak Direktur Utama saja,” jelasnya.

Selain kekurangan tenaga medis, Andani mengaku RS Unand hingga saat ini juga masih kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis. APD yang kurang, katanya, seperti Baju Hazardous material suit atau Hazmat Suit, kacamata pelindung (Uvex Stealth Safety) hingga Masker N95.

“Stok masker yang ada saat ini sebanyak 50 seat, tapi yang akan menggunakan banyak. Menanggulangi hal itu, kami sudah koordinasikan dengan Kemenristekdikti hingga Kemenkes,” katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Universitas Andalas (Unand) akan menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Unand Buka Program Doktor Ilmu Akuntasi, Tahun Ini Terima Mahasiswa Baru
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Langgam.id - Lembaga SURI menggelar pameran Pemanfaatan Iluminasi Naskah Kuno Menjadi Motif Kain Minangkabau di Unand.
53 Proposal PKM UNAND Lolos Pendanaan Kemendikbudristek
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara
Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) saat ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang canggih. Selain itu, rumah sakit ini juga didukung
Cegah Pasien Berobat Keluar Negeri, Ini Upaya yang Dilakukan RS Unand
Content Creator For Business : Strategi Efektif Membangun Brand Awareness
Content Creator For Business : Strategi Efektif Membangun Brand Awareness