Riset Peneliti ITB: Pariaman Kategori Kota Menuju Ekonomi Cerdas

Riset Peneliti ITB: Pariaman Kategori Kota Menuju Ekonomi Cerdas

Foto udara pusat Kota Pariaman. [Kominfo Pariaman]

Berita Kota Pariaman - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Riset Peneliti ITB: Pariaman Kota Menuju Ekonomi Cerdas.

Langgam.id - Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institut Teknologi Bandung (ITB) merilis hasil riset transformasi digital dan kota cerdas Indonesia 2021. Pariaman dinobatkan sebagai kota menuju ekonomi cerdas kategori kota kecil dengan rating tertinggi dari 93 kota yang ada.

"Berdasarkan hasil riset tersebut, kota dengan rating teratas dinobatkan sebagai kota menuju ekonomi cerdas," kata Ketua Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas ITB Prof Suhono Harso Supangkat dikutip Langgam.id dari pariamankota.go.id, Rabu (2/22022).

Menurutnya, penilaian riset dilakukan dengan mengkategorikan 93 kota di Indonesia berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduk. Dari kategori itu, kota dikelompokkan pada tiga kategori yakni kota besar, kota sedang dan kota kecil.

Kota yang dinilai diberikan rating sesuai inovasi yang langsung berdampak pada penambahan peluang usaha baru untuk masyarakat. Inovasi tersebut, lanjut Suhono, harus berkontribusi dalam membangun sistem ekonomi cerdas.

Daftar kota menuju ekonomi cerdas berdasarkan rating tertinggi, yakni Kota Pariaman sebagai kota kecil tertinggi. Kemudian disusul Kota Bontang, Kota Bukittinggi, Kota Blitar dan Kota Magelang.

Kategori kota sedang, yakni Kota Probolinggo, Kota Samarinda dan Kota Yogyakarta. Disusul dua kota lain yaitu Kediri dan Kota Cimahi.

"Kategori kota besar diberikan kepada Kota Surabaya. Lalu Kota Bogor, Kota Semarang, Kota Bandung dan Kota Batam," katanya.

Rating itu diukur berdasarkan beberapa indikator utama seperti pertumbuhan ekonomi kota dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini, peningkatannya dilihat dari pertumbuhan di berbagai sektor pendukung kegiatan ekonomi seperti pusat bisnis dan pasar, industri, UMKM serta pariwisata.

Baca juga: Padang Panjang Raih 5 Kategori Kota Cerdas 2021 dari ITB

Kota berperingkat utama diharapkan dapat menjadi percontohan bagi kota lainnya agar tercipta ekosistem kota cerdas. "Dan memberikan solusi terhadap persoalan ekonomi yang terjadi," tutur Suhono.

Dapatkan update berita Kota Pariaman – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Ketua DPP PPP Bidang Politik dan Pemerintahan, Audy Joinaldy mengantarkan bakal calon legislatif (bacaleg) partainya ke KPU Sumbar
Jelang Pilkada 2024, Audy Joinaldy Mundur dari PPP
Cukup mengagetkan bagi publik Sumatera Barat ketika Wakil Gubernur Audy Joinaldy (Audy) memasang baliho yang menyatakan dirinya sebagai bakal calon gubernur Sumatera Barat 2024-2029.
"Test the Water" Ala Audy Joinaldy
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
ini-sepuluh-iven-berkelas-yang-digelar-taman-budaya-sumbar-sepanjang-tahun-2022
Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar, Pengamat Politik: Kabar Gembira 
Langgam dan Witbox Resmi Luncurkan Lambox Entertainment 
Langgam dan Witbox Resmi Luncurkan Lambox Entertainment 
Hitungan Cepat PSU DPD RI di Sumbar, Cerint dan Irman Gusman Lolos, Emma Yohana Gagal Kembali ke Senayan
Hitungan Cepat PSU DPD RI di Sumbar, Cerint dan Irman Gusman Lolos, Emma Yohana Gagal Kembali ke Senayan