Ratusan Warga Lolong Meriahkan Tahun Baru Hijriah dengan Pawai Obor

Ratusan Warga Lolong Meriahkan Tahun Baru Hijriah dengan Pawai Obor

Warga Lolong, Kota Padang memerihakan tahun baru hijriah dengan Pawai Obor (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Ratusan pelajar dan warga sekitar Kelurahan Lolong, Kecamatan Padang Utara, kota Padang, Suamatra Barat memeriahkan pergantian tahun baru 1441 hijriah dengan menyelenggarakan pawai obor, Sabtu (31/08/2019) malam.

Pantauan Langgam.id di lapangan, pawai obor di mulai setelah melaksanakan salat Isya. Sebelum pawai itu dimulai, diawali dengan tausiah serta makan bersama di Masjid Taqwa Lolong, Padang.

Pawai obor tersebut dimulai dari Masjid Taqwa Lolong, lalu melewati Jalan Rasak, Beringin, S. Parman, Raden Saleh, Khatib Sulaiman, Beringin Raya dan kembali ke Masjid Taqwa Lolong, sekiran pukul 22.00 WIB.

Selain berjalan kaki, pawai dengan perkiraan barisan sepanjang 500 meter itu, terlihat ada juga yang menggunakan becak motor, masing-masing mereka (peserta) memegang obor.

Tidak hanya itu, pawai tersebut juga dimeriahkan dengan musik rebana sepanjang jalan.

Wakil Walikota Padang, Hendri Septa menyebutkan, pengurus masjid serta masyarakat Lolong, sudah berusaha untuk mengadirkan inovasi dalam perayaan tahun baru hijriyah. "Saya sangat berterimakasih, karena tugaas pemerintah menjadi ringan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Padang, HUT ke-74 RI dan Tahun Baru Hijriah," ujarnya dihadapan ratusan warga Lolong, Sabtu (30/08/2019).

Lampiran Gambar

Warga Lolong, Kota Padang memerihakan tahun baru hijriah dengan pawai obor (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Hendri berharap, kedepannya terus ada masukan dari masyarakat untuk kemajuan Kota Padang. Tahun baru ini harus jadi momentum bagi generasi muda untuk hijrah menjadi pribadi yang lebih baik.

"Hijrah itu bagaiamana,? Kita harus melangkan mencari kemajuan kita. Bagi pelajar, tingkatkan prsetasi," jelasnya.

Menurut Hendri, selain di Lolong, juga masih ada beberapa daerah melakukan hal yang sama. Ia berharap, kedepan semakin banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi. "Jaga generasi muda kita, karena mereka aset kita yang berharga. Kepada seluruh tokoh masyarakat, alim ulama, mari kita jaga generasi muda kita. Apalagi, sekarang banyak sekali bahaya laten," ucap Hendri.

Sementara itu, Ketua Harian Pengurs Masjid Taqwa Lolong, Sudirman Tanjung mengatakan, pawai obor memperingati 1 Muharram, ini yang pertama kali dilaksanakan.

"Pertama kali, dan dihadiri oleh Pak Wakil Walikota. Biasanya, kita acara di dalam masjid saja. Kalau sekarang ada pawainya," ujar Sudirman.

Menurutnya, jumlah perserta yang ikut pawai, diperkirakan sebanyak 300 orang. Sudirman berharap, acara seperti ini kedepannya terus diadakan. "Kita memperingati tahun baru Islam, jadi kita beritahu pada generasi muda kita, bahwa inilah tahun baru Islam, bukan cuma tahun Masehi saja," ungkapnya. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Komandan Korem (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl
Prajurit Yonif 133/YS Padang Gugur Diserang KKB di Papua, Jenazah Tiba di Bandara Minangkabau Malam Ini
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Balaikota Padang Kini Punya KPN Mart
Pemko Padang menerima dana insentif fiskal kinerja tahun 2023 kategori penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat Rp5,3 miliar
Padang Terima Insentif Fiskal Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Rp5,3 M
Padang merupakan salah satu kota di Sumatra Barat yang memiliki beragam objek wisata alam. Mulai dari pantai, pulau-pulau, air terjun
5 Air Terjun Cantik di Padang, Sudah Pernah ke Sana?