Puluhan Pejabat Pemko Pariaman Tanda Tangani Perjanjian Kinerja dengan Wako

Puluhan Pejabat Pemko Pariaman Tanda Tangani Perjanjian Kinerja dengan Wako

Puluhan pejabat Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menandatangani perjanjian kinerja dengan Wali Kota Genius Umar. Penandatanganan perjanjian itu berlangsung di halaman Balaikota Pariaman, Kamis (16/2/2023). (Foto: Diskominfo Kota Pariaman)

Langgam.id - Puluhan pejabat Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menandatangani perjanjian kinerja dengan Wali Kota Genius Umar. Penandatanganan perjanjian itu berlangsung di halaman Balaikota Pariaman, Kamis (16/2/2023).

Mereka yang menandatangani perjanjian kinerja adalah 23 pejabat eselon II dengan wali kota. Kemudian, antara pejabat eselon II dengan eselon III.

"Pejabat eselon III melakukan perjanjian kinerja dengan pejabat fungsional dan struktural,” kata Genius, sebagaimana dirilis Diskominfo di situs resmi Pemko Pariaman.

Menurutnya, dengan penandatangan itu, apa yang dikerjakan pejabat pemko harus siap dikerjakan. Bila tak siap, jangan tanda tangani perjanjian kinerja ini. Berarti tidak siap pada posisi tertentu," katanya, dalam acara yang digelar saat apel gabungan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman itu

Perjanjian kinerja, menurut Genius, memuat penugasan dari pimpinan instansi yang lebih tinggi kepada pimpinan instansi yang lebih rendah untuk melaksanakan program dan kegiatan. Hal itu disertai dengan indikator kinerja agar terwujud komitmen penerima amanah dan kesepakatan antara penerima dan pemberi amanah.

“Kepada pejabat eselon II harus mencapai kinerja tertentu, apabila tidak sampai kinerja tersebut maka perjanjian kerjasama ini batal dan posisi tersebut tidak cocok”, ujarnya.

Genius juga menjelaskan bahwa perjanjian kinerja ini disusun setelah perangkat daerah menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) paling lambat satu bulan setelah dokumen anggaran disahkan.

“Tujuan penyusunan perjanjian kinerja sebagai wujud nyata antara penerima dan pemberi amanah untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja aparatur. Selain itu, sebagai dasar penilaian keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi serta sebagai dasar pemberian penghargaan dan sanksi,” katanya.

Menurut Genius, pejabat eselon II seharusnya melaksanakan perjanjian kinerja dengan sekretaris dan kabid-kabidnya untuk membagi apa yang saya amanahkan. Kemajuan ini bisa dilihat setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan.

“Kalau mekanisme ini bisa dijalankan, saya yakin kecepatan pemerintah dalam membangun daerah ini lebih cepat. Dalam melaksanakan visi misi daerah serta pelayanan terhadap masyarakat juga akan lebih cepat. Karena itu berkerja team work dalam satu instansi harus dimulai dari kadisnya, sekretaris, kabid sampai fungsionalnya. Dengan bekerja team work, maka sebagian dari fungsi pemerintah dijalankan dengan baik”, jelasnya.

“Perjanjian kinerja ini, saya harap tidak semata janji di atas kertas dan bukan hanya sebatas dokumen tetapi perjanjian kinerja merupakan tolak ukur dan wujud komitmen pimpinan daerah untuk dipertanggung jawabkan kepada kepala daerah. Mudah-mudahan kita bisa membuat perubahan yang lebih baik sebgai ASN dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturnya. (*/SS)

Baca Juga

Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
5232 KPM di Pariaman Terima Bantuan Beras
5232 KPM di Pariaman Terima Bantuan Beras