Pulang dari Jakarta, Seorang ASN di Limapuluh Kota PDP Virus Corona

Hasil Tes Swab Suami Ibu Hamil yang Meninggal karena Corona di Bukittinggi Negatif

Ilustrasi (Foto: ShutterStock)

Langgam.id - Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mengalami gejala demam serta sesak nafas setelah pulang dari Jakarta. ASN itu diketahui berjenis kelamin laki-laki.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan membenarkan hal tersebut. ASN itu kini berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona dan telah diisiolosi di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi.

"ASN ini memang ada riwayat perjalanan ke Jakarta untuk melaksanakan tugas luar daerah sebanyak tiga orang. Setelah pulang, dua dari tiga orang itu mengalami demam hingga sesak nafas," ujarnya saat dihubungi Langgam.id, Senin (23/3/2020) malam.

Baca juga : 100 APD Tiba di Sumbar, Pemprov Segera Distribusikan ke Sejumlah Rumah Sakit

Menurut Ferizal, sebelumnya kedua ASN itu sempat diperiksa ke puskesmas. Seorang ASN berjenis kelamin perempuan dinyatakan hanya demam biasa, lalu ditetapkan sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP).

"Sementara, ASN laki-laki setelah diperiksa di puskesmas, lalu dirujuk ke RSUD Suliki. Setelah itu, dirujuk ke RSAM Achmad Mochtar Bukittinggi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Tien Septino mengungkapkan, meskipun berstatus PDP, ASN itu belum bisa dipastikan positif terjangkit Covid-19. Hingga saat ini, katanya, masih menunggu pemeriksaan swab tenggorokan dan hidung.

"Hingga tanggal 23 Maret, PDP di Limapuluh Kota ada sebanyak tiga orang. Sementara ODP, sebanyak 50 orang. Tapi, yang positif Covid-19 belum ada," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

M. FAJAR RILLAH VESKY
"Kerbau Punya Susu, Sapi Punya Nama"(Jawaban Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?)
Mencermati analisis Statistik Pendidikan Indonesia yang diluncurkan Badan Pusat Statistik pada 2023 lalu, terutama jenjang perguruan tinggi.
Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?
Polisi Masih Buru Pelaku Curas di Padang Panjang yang Sebabkan Seorang Nenek Meninggal
Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas dan Istri Luka-luka
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Pakar ilmu pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan Yonvitner dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Yonvitner, Putra Asal Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Guru Besar IPB
Wali Nagari Guguak VIII Koto, Kabupaten Limapuluh Kota, YR resmi mengundurkan diri dari jabatannya usai beredar foto tidak senonohnya dengan
Wali Nagari Guguak VIII Koto Mundur Usai Foto Tak Senonohnya Beredar, Bupati Tunjuk Plt