100 APD Tiba di Sumbar, Pemprov Segera Distribusikan ke Sejumlah Rumah Sakit

Covid-19 Padang Panjang Bertambah, APD CORONA VIRUS

Ilustrasi (Pixabay)

Langgam.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) telah menerima sebanyak 100 unit Alat Pelindung Diri (APD), Selasa (24/3/2020). 100 APD itu akan segera didistribusikan ke sejumlah rumah sakit yang ada di daerah itu.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, 100 APD itu merupakan kiriman dari pemerintah pusat. Namun, tidak masuk dalam 4 ribu APD yang diminta sebelumnya, yang merupakan jatah dari Presiden Indonesia, Joko Widodo untuk pemerintah daerah.

"Kita belum dapat yang dari Presiden, tetapi informasi dari teleconference tadi, presiden bilang akan segera membagikannya," ujar Nasrul di Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (24/3/2020).

Jadi, kata Nasrul, masih ada sebanyak 4 ribu APD yang akan dikirim pemerintah pusat sesuai janji presiden. Karena APD, jelas Nasrul, harus dipersiapkan sebanyak mungkin, menyusul adanya permintaan seluruh rumah sakit menyiapkan ruang isolasi.

"Surat sudah kita kirim, kalau kita mintanya 4 ribu unit, sekalian untuk berjaga-jaga, mudah-mudahan ini bisa dipenuhi pemerintah pusat," ucapnya.

Baca juga : APD Habis, Petugas RSUP M Djamil Padang Tangani PDP Corona Pakai Jas Hujan

APD yang ada saat ini, menurut nasrul merupakan barang impor. Harganya juga mencapai Rp1 juta per unit. Ia berharap, semoga ada APD yang diproduksi di dalam negeri dengan harga yang lebih murah, sekitar Rp500 ribu.

Hingga saat ini, menurut Nasrul, Pemprov Sumbar juga terus berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit untuk memastikan berapa banyak kebutuhan APD di masing-masing rumah sakit yang dijadikan sebagai rujukan Virus Corona (Covid-19).

Baca juga : Wali Kota Klaim Ruang Isolasi Corona RSAM Bukittinggi Penuh, APD Kurang

Nanti, katanya, juga akan dipersiapkan anggaran untuk pembelian APD tersebut. Sementara sebanyak 100 APD yang sudah datang, menurut Nasrul akan segera diberikan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Mochtar Bukittinggi, RSUD Solok, RS Unand, dan Laboratorium Unand. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum