Puji Capaian UNP, Kapolda Sumbar: Teruslah Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Puji Capaian UNP, Kapolda Sumbar: Teruslah Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal menghadiri Dies Natalis UNP ke-65, Lustrum ke-13

Langgam.id - Memasuki era revolusi industri 4.0, mahasiswa dituntut memiliki kompetensi dengan formit 4G. Sebab, tanpa Sumber Daya Manusia (SDM) mumpuni, niscaya lulusan perguruan tinggi bisa bersaing di dunia kerja.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Ganefri dalam orasi ilmiahnya dalam Dies Natalis UNP ke-65, Lustrum ke-13 bertema "SDM Unggul, Indonesia Maju", Kamis (31/10/2019).

Formula 4G yang dimaksud Ganefri masing-masing, critical thinking and problem solving atau mahasiswa mampu bersikap skeptis dan kritis dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat.

Kedua, creativity and Innovation, yakni kemampuan mahasiswa untuk berpikir kreatif melahirkan inovasi-inovasi baru. Ketiga, kemampuan berkomunikasi dan menguasai teknologi informasi dalam percaturan dan ketatnya persaingan era globalisasi.

"Lalu, skil untuk kompetensi dalam bekerja sama membangun sebuah kekuatan menghadapi perubahan. Sehingga mampu bertahan di era revolusi industri 4.0," sebutnya.

Dari data yang dirilis Kemenristekdikti tanggal 16 Agustus 2019 lalu, UNP menempati peringkat 25 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Capaian tersebut merupakan wujud usaha kampus dalam meningkatkan kualita pendidikan di UNP.

"Kami bertekat mempertahankan akreditasi itu dengan menciptakan pendidikan unggul dan dinamis dalam meraih target ranking 20 besar di tahun 2020," kata Ganefri.

Transformasi pendidikan UNP antara lain telah melakukan perubahan kurikulum prodi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang diberlakukan mulai semester ini di Desember 2019.

"Kebijakan Menteri juga menerapkan kurikulum joint degree dan double degree bagi yang memiliki kelas internasional," katanya.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengapresiasi capaian UNP. Ia berharap, UNP terus menjadi kampus kebanggaan di Sumbar.

"Semoga semakin berjaya dan terus mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Fakhrizal yang turut menghadiri acara itu.

Menurutnya, UNP adalah satu terbesar di Sumatra. Ia berharap, UNP terus berbenah dan merefleksikan diri tentang sejauh apa telah memberikan kontribusi kepada masyarakat Sumbar.

"Lompatan dan terobosan UNP sangat diapresiasi. Sebelumnya rangking 82, kini sudah 25. Terus rawat ini untuk generasi emas," pintanya.

Disamping itu, kegiatan ini juga dihadiri Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (SDID) Prof Ghufron Mukti, Jubir KA BIN (*/ICA)

Baca Juga

Tim UNP dan APDI Sumbar Lacak Penyebab Banjir Bandang di Lembah Anai
Tim UNP dan APDI Sumbar Lacak Penyebab Banjir Bandang di Lembah Anai
Dekan Fakultas Teknik, Krismadinata, terpilih sebagai Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2024-2029. Ia terpilih dalam pemilihan
Kantongi 17 Suara, Krismadinata Terpilih Jadi Rektor UNP 2024-2029
Sebanyak lebih dari 21 ribu calon mahasiswa baru mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa
Dimulai Hari Ini, 21 Ribu Calon Mahasiswa Baru Ikuti UTBK-SNBT di UNP
Tiga nama calon Rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 sudah ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UNP pada .
Raih Suara Terbanyak, Ini 3 Nama Calon Rektor UNP Periode 2024-2029
Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 dilaksanakan di Auditorium UNP,
4 Guru Besar Bedah Visi dan Misi 11 Bakal Calon Rektor UNP
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri
Kecelakaan Tunggal di Malalak, Kapolda Sumbar Minta Sopir Bus ALS Serahkan Diri