PT KAI Divre II Sumbar Siapkan 3 Kereta Api untuk Masa Angkutan Lebaran

PT KAI Divre II Sumbar Siapkan 3 Kereta Api untuk Masa Angkutan Lebaran

Penumpang kereta api diperiksa terlebih dahulu sesuai protokol kesehatan saat hendak masuk Stasiun Padang. Foto: Rahmadi

Berita Padang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: PT KAI Divre II Sumatra Barat (Sumbar) menyiapkan 3 kereta api penumpang untuk beroperasi di momen lebaran.

Langgam.id - PT KAI Divre II Sumatra Barat (Sumbar) menyiapkan 3 kereta api penumpang untuk beroperasi di momen lebaran. Masyarakat calon penumpang sudah bisa memesan tiket sejak awal bulan April.

Vice President PT KAI Divre II Sumbar Mohamad Arie Fathurrochman menjelaskan pihaknya menetapkan masa angkutan lebaran pada H-10 s.d H+10 lebaran atau pada tanggal 22 April s.d 13 Mei 2022.

"Dalam rangka menghadapi angkutan lebaran ini pula, KAI telah melakukan berbagai kesiapan baik pada sarana, prasarana, maupun sumber daya manusia," katanya lewat keterangan tertulis, Sabtu (2/3/2022).

Dia menjelasan, PT KAI bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan stakeholder lainnya telah melaksanakan Ramp Check atau inspeksi keselamatan Standar Pelayanan Minimum di wilayah Divre II Sumbar. Para petugas juga disiapkan untuk  keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

Dia menambahkan, pada periode masa angkutan lebaran tersebut, PT KAI Divre II Sumbar mengoperasikan 3 Kereta Api penumpang yang dioperasikan diwilayah Kota Padang dan Sekitarnya.

3 KA penumpang yaitu KA Lokal Sibinuang relasi Padang – Pariaman – Naras (PP), Kereta Api Perintis Lembah Anai relasi Kayu Tanam – Duku – Bandara Internasional Minangkabau (PP), dan KA Perintis Minangkabau Ekspres relasi Pulau Aie – Padang – Bandara Internasional Minangkabau (PP).

Kemudian, untuk menyelenggarakan angkutan lebaran di masa pandemi Covid-19 ini, KAI akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Aturan diterapkan sejak memasuki stasiun, pelanggan akan dicek suhu tubuh dan disediakan hand sanitizer.

Begitu juga saat di kereta api, petugas secara berkala membersihkan titik – titik yang sering disentuh pelanggan dengan disinfektan. KAI secara konsisten mengingatkan pelanggan untuk terus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan para pelanggan dapat terjaga dengan baik.

Pihaknya juga telah membuka penjualan tiket kereta api pada masa Angkutan Lebaran 1443 H di aplikasi KAI Access, web kai.id, loket stasiun, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. KAI menerapkan kebijakan penjualan tiket KA Jarak Jauh di wilayah Jawa, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan mulai H-30 sebelum keberangkatan.

Mulai tanggal 1 April, KAI menjual tiket pada H-45 sebelum keberangkatan sehingga masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk perjalanan 1 April s.d 16 Mei 2022 dan seterusnya. Untuk perjalanan kereta api di wilayah Sumatera Barat, pemesanan tiket dapat dilakukan mulai H-7 sebelum keberangkatan melalui aplikasi KAI Access.

Sementara untuk pembelian langsung di loket hanya dilayani minimal 3 jam sebelum keberangkatan KA. KAI mengingatkan kepada calon pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan.

"Kami menghimbau calon penumpang yang akan bepergian menggunakan kereta api agar memesanan tiket sebelum keberangkatan melalui aplikasi KAI Access untuk memudahkan pemesanan dan memastikan ketersediaan tiket," tandasnya.

Dapatkan update berita Padang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

As. Humas Divre II Sumbar, Yudi mengungkapkan bahwa animo masyarakat Sumbar menggunakan jasa transportasi kereta api meningkat.
Berikut Sejumlah Pembangunan Perkeretaapian di 2024, Dua di Sumbar
Pertunjukan Kolosal Perkusi Kureta Mandaki Gendangkan Galanggang Arang #7 Kayutanam
Pertunjukan Kolosal Perkusi Kureta Mandaki Gendangkan Galanggang Arang #7 Kayutanam
Gelanggang Arang ke 7 di Kayu Tanam, Merayakan Jalur Kereta Api WTBOS
Gelanggang Arang ke 7 di Kayu Tanam, Merayakan Jalur Kereta Api WTBOS
Angka Kecelakaan Kereta Api di Sumbar Meningkat Jelang Berakhirnya Tahun 2023
Angka Kecelakaan Kereta Api di Sumbar Meningkat Jelang Berakhirnya Tahun 2023
Aset perkeretaapian yang ada di Gurun Bagan, Kelurahan Lubuk Sikarah, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatra Barat (Sumbar), hilang dicuri.
Aset Perkeretaapian di Kota Solok Hilang Dicuri, Kerugian Puluhan Juta Rupiah
Sumatra Barat (Sumbar) memiliki beberapa terowongan kereta api. Terowongan kereta api di Sumbar ini memiliki ciri khas.
3 Terowongan Kereta Api di Sumbar, Ada yang Terpanjang Kedua di Indonesia