Program Equity, 35 Profesor Kelas Dunia Bakal Mengabdi di UNAND

Program Equity, 35 Profesor Kelas Dunia Bakal Mengabdi di UNAND

Rektor UNAND Efa Yonnedi, Ph.D. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - Universitas Andalas (UNAND) memulai semester awal 2024 ini dengan program peningkatan mutu pendidikan untuk mendapatkan rekognisi global melalui Enhancing Quality Education for International University Recognition (Equity).

Equity Project ini akan mengundang 35 professor kelas dunia yang berada dirangking 500 versi Times Higher Education (THE) untuk mengabdi di Universitas Andalas.

Rektor UNAND Efa Yonnedi, Ph.D mengatakan kehadiran professor ini di kampus tersebut untuk berkegiatan akademik di Universitas Andalas seperti membimbing mahasiswa, menguji mahasiswa doktor, workshop, seminar, bahkan upgrading kemampuan akademik.

“Sudah ada Professor yang datang di antaranya dari Belanda, Jepang, Malaysia dan beberapa negara lain,” ujarnya, dikutip Rabu (17/4/2024).

Selain mengundang Professor luar datang, Professor-Professor di Universitas Andalas juga bisa keluar untuk berkegiatan akademik di Universitas mitra luar negeri selama satu minggu.

Lebih lanjut, ia mengatakan banyak hal yang akan dilakukan seperti menguji, membimbing mahasiswa, workshop, finalisasi buku, menulis artikel atau bahkan membawa pulang perjanjian kerja sama dalam bentuk double degree atau dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bisa meningkatkan rekognisi akademik.

“Dosen luar di undang, dosen Universitas Andalas juga difasilitasi dengan anggaran untuk ke luar,” tambahnya.  Disampaikan rektor, tidak hanya dosen, mahasiswa luar negeri yang ingin mendapatkan pengalaman belajar di Universitas Andalas juga diberikan insentif.

“Saat ini, sudah ada 45 mahasiswa asing yang datang ke Universitas Andalas untuk berkegiatan mendapatkan pengalaman belajar selama satu semester,” sambungnya.

Diharapkan, nantinya mereka akan menjadi duta Universitas Andalas di negaranya ataupun di kampusnya sehingga dalam jangka panjang bisa menambah jumlah mahasiswa asing.

Selain itu, dosen dan tendik jika ingin mendapatkan nondegree training, UNAND juga sudah menganggarkannya.

Selain itu, ia mengatakan tidak mengejar rangking karena rangking hanyalah alat tetapi menjadikan rangking sebagai indikator untuk terus memperbaiki diri.

Dikatakannya, Equity project sedang berjalan dan ia berharap kita semua bisa ambil bagian untuk menyukseskan progam ini. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Senat UIN Imam Bonjol Padang melakukan kunjungan silaturahmi ke UIN Sumatra Utara (UINSU) Medan pada Jumat (17/5/2024).
Jalin Kolaborasi, Senat UIN Imam Bonjol Padang Kunjungi UIN Sumatra Utara
Bangunan liar (bangli) di Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, kedapatan masih berdiri di atas drainase. Padahal
Tak Tepati Janji, Bangunan Liar di Sawahan Dibongkar Satpol PP Padang
Bagi orang tua yang mau memasukkan anaknya di sekolah negeri di Padang, baik SD maupun SMP, mulailah bersiap-siap dari sekarang. Sebab bulan
PPDB Online SD dan SMP di Padang Kapan Buka? Berikut Jadwal, Tahapan dan Syaratnya
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal