Pilgub Sumbar 2024: Andre Rosiade dan Mulyadi Diprediksi Tak Ikut Berlaga

Pemilu 2024 sudah memasuki tahap pleno di tingkat Provinsi Sumatra Barat. Sebelumnya, berdasarkan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten

Mulyadi dan Andre Rosiade merupakan caleg DPR RI yang perolehan suaranya terbanyak di Sumbar. [foto: Ist]

Langgam.id - Calon kuat pesaing Mahyeldi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatra Barat 2024 Andre Rosiade dan Mulyadi diprediksi tidak akan berlaga dalam helatan lima tahunan itu. Keduanya, diperkirakan lebih memilih mengamankan posisi sebagai anggota DPR RI.

Pengamat Politik Universitas Andalas Andri Rusta meyakini baik Ketua Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade maupun Ketua Partai Demokrat Sumbar Mulyadi lebih memilih posisi aman dibandingkan harus turun gunung berlaga dalam kontestasi Pilkada Sumbar 2024.

"Kalau saya melihat, kemungkinan baik Andre Rosiade maupun Mulyadi tidak akan ikut berlaga di Pilgub Sumbar, karena kalau ikut harus mengorbankan kursi DPR," katanya kepada Langgam, Kamis (2/5/2024).

Meski dua tokoh tersebut memiliki elektabilitas paling bersaing dengan Mahyeldi, keduanya diperkirakan tidak akan mengambil risiko untuk melepas posisi anggota DPR RI.

"Lagipula, kita (Sumbar) juga butuh Andre dan Mulyadi ini di DPR, karena mereka mempunyai pengamalan dan jaringan yang luas agar bisa dimanfaatkan untuk kemajuan pembangunan Sumbar," katanya.

Apalagi, imbuhnya, baliho-baliho Andre maupun Mulyadi juga sudah tidak kelihatan lagi setelah pemilu legislatif bulan Februari lalu.

Dengan kondisi demikian, Andri menilai pesaing kuat Mahyeldi dalam Pilgub Sumbar 2024 adalah Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri (bakal diusung Partai Golkar) dan Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda (diusung PAN), atau ada poros baru jika Audy Joinaldy memutuskan bertarung sebagai calon gubernur.

"Tapi kan kita dengar kalau Audy ini sudah menyatakan tidak akan maju bertarung melawan Mahyeldi," kata Direktur Riset Spektrum Politika itu.

Andri Rusta meprediksi Pilgub Sumbar maksimal hanya akan diikuti empat pasangan calon. Yakni poros Mahyeldi sebagai petahana, poros Epyardi, poros Ganefri, dan tarakhir poros Audy jika berani bertarung dengan sekondannya di 2020-2024 itu.

Adapun, tokoh-tokoh lainnya hanya bakal meramaikan kursi calon wakil gubernur, seperti Fadly Amran, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Genius Umar, Fauzi Bahar dan tokoh-tokoh lainnya. (*/Fs)

Baca Juga

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra H Andre Rosiade memastikan, Presiden terpilih Prabowo Subianto akan menjadi dirinya sendiri
Andre Rosiade Pastikan Presiden Terpilih Prabowo Akan Jadi Diri Sendiri
Kejati Sumbar menetapkan sembilan orang tersangka dugaan korupsi pengadaan alat praktik SMK di Disdik Sumbar. Dalam kasus ini,
Kejati Tetapkan 9 Tersangka Korupsi Pengadaan Alat Praktik SMK di Disdik Sumbar
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra H Andre Rosiade memastikan, Presiden terpilih Prabowo Subianto akan menjadi dirinya sendiri
Perubahan Nama Jadi Makan Bergizi Gratis, Andre Rosiade: Menyempurnakan Makan Siang Gratis
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Pengungsi Banjir Lahar Dingin di Agam Bertambah Menjadi 709 Orang
Sebanyak 25 unit hunian sementara untuk pengungsi banjir bandang di beberapa kecamatan di Tanah Datar akan dibangun oleh FRPB
25 Unit Hunian Sementara Dibangun untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanah Datar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024