Petakan Potensi Petani Milenial, BPS Sumbar Gelar Sensus Pertanian 2023

Langgam.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat (Sumbar) akan menggelar sensus pertanian yang dimulai 1-31 Mei 2023.

Kepala BPS Sumbar, Herum Fajarwati. [Foto: Irwanda/langgam.id]

Langgam.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat (Sumbar) akan menggelar sensus pertanian yang dimulai 1-31 Mei 2023. Sensus pertanian ini merupakan sensus ketujuh diselenggarakan BPS yang digelar setiap 10 tahun sekali.

Kepala BPS Sumbar, Herum Fajarwati mengatakan, sensus pertanian bertujuan untuk menyediakan data struktur pertanian dan data yang dapat digunakan sebagai tolok ukur statistik pertanian. "Sensus bertujuan untuk menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian," ujar Herum usai workshop bersama wartawan di Padang, Kamis (6/10/2022).

Ia menyebutkan, dalam sensus kali ini, BPS bakal mendata seluruh pelaku usaha, mulai perorangan, kelompok maupun perusahaan pertanian berbadan hukum di Sumbar. "Sensus ini merupakan program nasional, dan digelar juga di provinsi lainnya di Indonesia. Saat ini, kami masih dalam tahap persiapan," ungkapnya.

Herum menjelaskan, cakupan dalam sensus ini di antaranya tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan dan jasa pertanian.

Data sensus pertanian, kata dia, sangat diperlukan untuk menjawab isu strategis terkini di sektor pertanian. "Selain itu, hasil sensus juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui potensi terkait petani milenial dan modernisasi adopsi teknologi di sektor pertanian," katanya.

Baca juga: Tingkatkan Sektor Pertanian, Wako Pariaman Gandeng Milenial Manfaatkan Lahan Tidur

Herum berharap masyarakat bisa menerima kedatangan petugas sensus dan menjawab pertanyaan dengan benar dan jujur.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk Sumatra Barat (Sumbar) pada 2023 lalu sebanyak 5.757.205 jiwa. Jumlah ini mengalami
Jumlah Penduduk Sumbar Bertambah di 2023, Ini Rincian Per Kabupaten/Kota
Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sumatra Barat (Sumbar) pada 2023 lalu sebesar 5,94 persen. Persentase ini mengalami penurunan dibandingkan
Berikut Persentase Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota di Sumbar pada 2023
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer