Pesan Rektor untuk 2.281 Mahasiswa yang Akan KKN

Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Anggaran Rp20 miliar itu didapat dari dana Dipa Dirjen Pendis tahun anggaran 2021.

Rektor UIN IB Padang, Martin Kustati. (Foto: Dok. Humas UIN IB Padang)

Langgam.id - Rektor UIN IB Padang, Martin Kustati melepas secara resmi 2.281 mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata-Pendidikan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) priode ke-49 tahun 2023 di Aula Gedung J Kampus III Sungai Bangek, Kota Padang, Senin (10/7/2023).

Di hadapan ribuan mahasiswa, Martin menegaskan, bahwa KKN priode ke-49 tahun 2023 harus mempunyai hasil nyata. Teori-teori ke-ilmuan yang di dapat di bangku kuliah harus diaplikasikan secara tepat sasaran oleh kalangan intelektual muda dilapangan.

"Untuk menuntun mahasiswa itu selama ber-KKN di 84 nagari se-Sumbar akan dipandu oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), tepatnya sejak tanggal 13 Juli 2023 hingga 22 Agustus 2023 mendatang," ujar Martin.

Lalu, Martin mengingatkan agar mahasiswa berkordinasi dengan semua elemen. "Koordinasi dengan semua elemen masyarakat, khususnya di nagari yang menjadi objek harus antara mahasiswa dengan dosen pembimbing bersama aparatur walinagari harus searah dan setujuan dengan program kerja yang nyata pula. Problem sulit yang mungkin ditemui oleh anggota masyarakat, mahasiswa harus berada di garda terdepan dalam mencarikan solusi dan menyelesaikan masalah secara bermartabat dengan prinsip kemasalahatan dan keadilan," ungkapnya.

Martin yakin setiap mahasiswa UIN IB Padang sebelumnya telah diseleksi dan dilakukan uji kompetensi terkait dengan sikap dan akhlak saat berkomunikasi dengan masyarakat.

Baca juga: Menilik Layanan Haji 2023: Jemaah Lansia Priotitas Kementerian Agama

Tidak hanya itu, setiap mahasiswa pun sebelum melakukan KKN telah pula dilihat kemampuan personilnya dan kompetensinya di bidang organisasi.

"Hasilnya sebagaimana penjajakan dengan pihak Penyelenggara yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) yang digawangi oleh Hulwati sudah diberikan laporan kalau mahasiswa kita siap membantu masyarakat sesuai dengan berbagai disipilin ilmu yang dimilikinya," katanya. (*/adv)

Baca Juga

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar halal bi halal usai cuti bersama Idul Fitri 1445 H di Gedung J kampus III UIN IB,
Jalin Silaturahmi, UIN Imam Bonjol Padang Adakan Halal bi Halal
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang memperpanjang pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024. Hal itu diketahui dari postingan
Pendaftaran Wisuda ke-91 Tahun 2024 UIN Imam Bonjol Padang Diperpanjang
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang membuka pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024 untuk program diploma, program sarjana, program
UIN Imam Bonjol Padang Buka Pendaftaran Wisuda ke-91 pada 26-30 Maret 2024
Kemenkeu Goes To Campus dilaksanakan di Ruang Aula Gedung Kuliah Bersama Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, Selasa (5/3/2024).
Kemenkeu Goes to Campus 2024 Digelar di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
UIN Imam Bonjol Padang berhasil meraih predikat sebagai salah satu kampus keagamaan Islam terbaik di Indonesia. Berdasarkan SPAN-PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang Peringkat Keempat dengan Pendaftar Terbanyak di SPAN PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang akan mengelar perlombaan bagi mahasiswa yakni Pekan Kreatifitas Mahasiswa Universitas (PKMU). Perlombaan tahunan ini
UIN Imam Bonjol Bakal Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa Universitas 30 April-5 Mei