Peringati Hari Kompos, Pemko Pariaman Ajak Warga Pilah Sampah

Langgam.id - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman memperingati hari kompos pada Minggu (26/2/2023). Kepala Dinas Feri Andri mengimbau masyarakat untuk memilah sampai agar bisa membuat kompos.

Peringatan hari kompos di Pariaman ditandai dengan gotong royong bersama sekaligus pemilahan sampah dan pembuatan kompos di Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) Balai Naras Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.

Menurut Feri, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun perihal Gerakan Nasional Compos Day - Kompos Satu Negeri.

“Kegiatan Compos Day ini dilakukan selama satu hari pada hari Minggu (26/2) secara serentak di seluruh Indonesia termasuk kita Kota Pariaman,” katanya, sebagaimana dirilis Diskominfo di situs resmi Pemko Pariaman.

Feri mengatakan, pihaknya akan melakukan pemilahan sampah dari masyarakat baik sampah rumah tangga, warung dan tempat umum lainnya untuk dijadikan pupuk organik.

“Selain itu, kita juga mengajarkan kepada masyarakat untuk memilah sampah, mengumpulkan serta melakukan pengolahan sampah yang langsung dilakukan di TPS3R Balai Naras ini”, terangnya.

Menurutnya, sampah merupakan tanggung jawab kita semua. “Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum yang baik untuk menuntaskan masalah sampah di Indonesia khususnya Kota Pariaman dengan partisipasi aktif dari masyarakat,” ujarnya. (*/SS)

Baca Juga

Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
5232 KPM di Pariaman Terima Bantuan Beras
5232 KPM di Pariaman Terima Bantuan Beras