Pemprov Tak Tahu Kalista Iskandar Wakili Sumbar di Ajang Puteri Indonesia

Pemprov Tak Tahu Kalista Iskandar Wakili Sumbar di Ajang Puteri Indonesia

Kalista Iskandar, finalis Puteri asal Sumbar yang tak hafal pancasila. (Foto: Instagram @kalistaiskandar)

Langgam.id - Finalis Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar yang mengaku sebagai perwakilan Sumatra Barat (Sumbar), viral setelah dirinya tidak bisa membacakan pancasila dengan sempurna.

Hal itu terjadi saat Kalista diminta Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyebutkan sila pancasila di malam grand final Puteri Indonesia 2020 di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Menanggapi hal itu, Pemerintah Provinsi Sumbar mengaku tidak mengetahui proses penetapan Kalista sebagai wakil Sumbar dalam ajang Puteri Indonesia 2020.

Baca juga : Viral Finalis Puteri Indonesia Asal Sumbar Tak Hafal Pancasila

Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal mengatakan Pemprov Sumbar sangat mendukung apa pun bentuk kegiatan kreatif dan positif sepanjang tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

"Dalam PPI tahun 2020 yang baru dilaksanakan kemarin malam, Pemprov Sumbar dalam hal apapun tidak pernah terlibat, baik langsung maupun tak langsung, atau pun mengutus perwakilannya ke ajang PPI itu," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/3/2020).

Menurutnya, penyelenggaraan PPI tahun 2020 dilakukan sepenuhnya oleh sebuah Yayasan dengan melakukan proses rekruitmen tersendiri melalui beberapa kampus di Indonesia.

Baca juga : Wagub Sumbar Sayangkan Finalis Puteri Indonesia Tak Hafal Pancasila

Sedangkan bagaimana proses penetapan peserta bisa mewakili Sumbar, pihaknya tidak mengetahui sama sekali. Sebab, Pemprov tidak dilibatkan, dilaporkan dan atau diberitahu oleh yayasan dimaksud.

"Pemprov Sumbar tidak pernah memberikan rekomendasi atau pun izin kepada seseorang ataupun lembaga untuk mewakili provinsi Sumbar dalam ajang PPI tahun 2020," katanya.

Dia berharap ke depan, siapa pun yang hendak memakai nama Provinsi Sumbar dalam even dan ajang apa pun, harus meminta izin atau rekomendasi resmi kepada Pemprov. (Rahmadi/ICA) Kalista Iskandar Puteri Indonesia

Baca Juga

Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
UNP Bakal Buka Prodi PGSD di Mentawai, Gubernur: Sesuai dengan Kebutuhan Daerah
Pemprov Sumbar mengundang perwakilan dari lima kementerian untuk rapat bersama guna membahas sejumlah permasalahan Mentawai
Rumuskan Strategi Percepatan Pembangunan, Pemprov Undang 5 Kementerian ke Mentawai
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menghadiri perayaan HUT ke-21 SMAN 14 Padang yang berlokasi di Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan
HUT ke-21 SMAN 14 Padang, Gubernur: Ini Jadi Ajang Refleksi Untuk Peningkatan Prestasi
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, akan segera menetapkan Tim Verifikasi Tanah terkait Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik
Proyek KPBU Fly Over Sitinjau Lauik, Gubernur Akan Segera Tetapkan Tim Verifikasi Tanah
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka iven drama musikal, meresmikan KoTehe Edotel di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping
Gubernur Sumbar Buka Iven Budaya dan Resmikan KoTehe Edotel SMKN 1 Lubuk Sikaping
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa pentingnya peningkatan kompetensi angkatan kerja Sumbar sebelum memasuki dunia
Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kompetensi Angkatan Kerja di Sumbar