Pemkot Padang Salurkan Bantuan Rp120 Juta untuk Lansia

Pemkot Padang Salurkan Bantuan Rp120 Juta untuk Lansia

Foto: Info Publik Padang

Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang menyalurkan bantuan kepada warga lanjut usia (lansia). Dalam bentuk Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan bantuan permakanan. Secara keseluruhan total bantuan mencapai Rp120.637.000. 

Bantuan UEP lanjut usia menyasar kepada 11 orang, masing-masing menerima Rp6.0.72.000. Kemudian, bantuan permakananan menyasar kepada 110 orang, setiap lansia  menerima Rp489.500.

Pj. Wako Andree Algamar mengatakan, Indonesia adalah bangsa yang sangat menghargai orang tua. Dalam membangun sistem kehidupan, bangsa Indonesia selalu menekankan dan mengutamakan pada ikatan kekeluargaan berlandaskan pada nilai-nilai luhur keagamaan dan budaya yang menghargai peran serta kedudukan lanjut usia dalam keluarga maupun masyarakat.

"Di satu sisi, pada fase menjadi lanjut usia kualitas hidup pada hampir semua aspek mengalami penurunan. Kemampuan fisik dan mental menurun yang mengakibatkan produktifitasnya menurun. Di sisi lain lanjut usia telah melalui perjalanan hidup yang panjang serta memiliki pengetahuan, pengalaman yang luas dan kearifan, yang semua itu dapat dimanfaatkan dalam pembangunan nasional," terangnya, dicuplik dari InfoPublik Padang, Jumat (31/5/2024).

Menurutnya, menjadikan lanjut usia sejahtera lahir dan batin, bukan saja tugas dan tanggung jawab instansi pemerintah saja melainkan tanggung jawab institusi masyarakat termasuk organisasi sosial, organisasi profesi, dunia akademi, dunia usaha dan semua unsur.

"Upaya meningkatkan kesejahteraan lanjut usia harus tetap diupayakan, sekali lagi mari kita sambut hari lanjut usia nasional tahun 2024 dengan tekad untuk mewujudkan lanjut usia sejahtera di masa kini dan yang akan datang," harap Andree. (*/Yh)

Baca Juga

Pengumuman hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD negeri tahap I di Padang diumumkan pada hari ini, Sabtu (22/6/2024).
Berikut 15 SD Negeri di Padang dengan Jumlah Peminat Terbanyak pada PPDB Tahap I
Selama dua hari berturut-turut, Kamis-Jumat (21/6/2024), Kota Padang dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir.
Terdampak Banjir, BPBD Padang Evakuasi 11 Warga di Dadok Tunggul Hitam
BPBD Kota Padang mencatat adanya 12 titik pohon tumbang akibat hujan deras disertai dengan angin kencang terjadi pada Jumat (21/6/2024) sore.
Hujan Deras Disertai Angin Kencang, BPBD Catat 12 Pohon Tumbang di Padang
Calon siswa yang dinyatakan diterima di tahap I PPDB SMP negeri di Padang jalur zonasi, sudah diumumkan pada Rabu (19/6/2024).
Daya Tampung 6 SMP Negeri di Padang Ini Belum Terpenuhi di PPDB Tahap I, Apa Saja?
Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang mampu. Bagi banyak jemaah, haji merupakan mimpi
Jaga dan Lindungi Lansia 
Haji ramah lansia dijadikan tagline oleh Kementerian Agama RI dalam musim haji 1445H/2024. Haji ramah lanjut usia yes, ini maksudnya
Ramah Lansia dan Dedikasi Petugas, Yes