Pemko Pariaman Telusuri Kontak Kasus Positif Covid-19, Swab 150 Orang Diperiksa

Covid-19 Sumbar 24 Agustus | Warga Agam Pertama Positif Corona dalam 10 Kasus Baru di Sumbar, Total Jadi 182 Orang

Ilustrasi - sampel tes corona (Covid-19) (Foto: Fernando Zhiminaicela/pixabay.com)

Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) menelusuri kontak dua warga Pariaman, setelah dinyatakan positif Covid-19 pada Minggu (19/7/2020) malam. Hingga Jumat (24/7/2020), dari hasil tracking (pelacakan) kontak kedua orang tanpa gejala (OTG) itu, swab 150 warga telah diambil untuk diperiksa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul sebagaimana dirilis situs resmi Pemko Pariaman pada Jumat. "Sampai saat ini ada 150 orang yang telah diambil sampel swab. Orang yang pernah kontak langsung dengan OTG," katanya.

Baca Juga: 2 Warga Pariaman Positif Corona, Dinkes: 1 Guru dan 1 Orang Operator Sekolah

Dari jumlah itu, sebelumnya 61 sampel swab telah keluar hasilnya pada Kamis (23/7/2020). Hasilnya, 60 orang negatif dan 1 positif. "Itu berarti saat ini ada 3 positif covid-19 di Kota Pariaman. Ketiganya sudah melakukan isolasi mandiri, “ ujarnya.

Baca Juga: Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 3 Orang dari Pariaman, Padang dan Agam

Pemerintah Kota Pariaman, menurutnya, semula menyarankan agar warga tanpa gejala itu diisolasi di Padang. Namun, warga memilih melakukan isolasi mandiri. Selain itu, sampel swab 89 orang lainnya, masih dalam proses pemeriksaan. Dalam satu atau dua hari kedepan akan selesai dan diketahui hasilnya.

“Semoga saja 89 orang lagi hasilnya baik. Terhadap pasien OTG telah dilakukan koordinasi dengan pemerintah desa setempat. Kami telah serahkan kepada kepala desa terhadap pasien. Apabila pemerintah desa tidak sanggup akan diambil alih Tim Gugus Tugas”, tuturnya.

Ia mengingatkan masyarakat Kota Pariaman, bahwa covid-19 bukanlah aib. "Kita akan berupaya untuk memberikan yang terbaik agar Kota Pariaman kembali menjadi zona hijau, dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah."

Untuk warga yang diambil swab, Pemko meminta untuk melakukan isolasi mandiri menjelang hasil swab tersebut keluar. "Dalam fase nomal baru ini kita berharap kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan.(*/SS)

Baca Juga

Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023