Pemko Padang Gelar Festival Siti Nurbaya 2-4 Agustus 2024, Ini Rangkaian Kegiatannya

Pemko Padang akan menggelar Festival Siti Nurbaya 2024 pada 2-4 Agustus 2024. Iven tahunan ini digelar guna memeriahkan HUT Kota Padang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani. [foto: Diskominfo Kota Padang]

Langgam.id - Pemko Padang akan menggelar Festival Siti Nurbaya pada 2-4 Agustus 2024. Iven tahunan ini digelar guna memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang.

Pada Festival Siti Nurbaya 2024, Pemko Padang mengambil tema "Memperingati 135 Tahun Marah Rusli". Iven ini akan menggali nilai-nilai budaya dengan metode dan teknologi kekinian.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani mengungkapkan, bahwa dipilihnya nama sastrawan Indonesia, Marah Rusli sebagai tema, merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada penulis yang sudah melahirkan karya besar Siti Nurbaya.

"Temanya adalah memperingati 135 Tahun Marah Rusli, penulis Siti Nurbaya ini lahirnya pada 7 Agustus juga, sama dengan ulang tahun Kota Padang. Karena nama festival kita Festival Siti Nurbaya, maka kita ini cara kita menghargai sosok yang sudah melahirkan karya besar Siti Nurbaya," ujar Yudi, Kamis (4/7/2024).

Di antara kegiatan dengan metode dan teknologi kekinian adalah pertunjukan video mapping di Balai Kota Lama, Jalan M Yamin.

"Melalui video mapping yang ditampilkan di Balai Kota Lama itu akan ada cerita yang ditampilkan. Tidak kalah penting, yang membuatnya adalah anak muda Kota Padang, ini subsektor ekonomi kreatif yang dibina Dinas Pariwisata Kota Padang Padang," ujar Yudi dilansir dari laman Facebook Diskominfo Kota Padang.

Kemudian, kata Yudi, juga direncanakan Pameran Holgram 3D tentang Siti Nurbaya. Penyajian pameran dengan teknologi 3D, animasi, audio, dan instalasi menjadi pameran sastra pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi terbarukan.

"Ini sedang kita bicarakan, apakah bisa dilaksanakan atau tidak, nanti kita lihat lagi, apakah ini memungkinkan untuk digelar," bebernya.

Pada Festival Siti Nurbaya 2024 nanti ungkap Yudi, juga akan digelar pameran live perform dari komunitas seni lukis, pelukis itu mendemokan lukisan di depan banyak orang.

"Nanti karya-karya dari pelukis tersebut dipamerkan di Youth Centre, seni lukis ini kita bangkitkan juga, ini bagian dari ekonomi kreatif," tuturnya.

Kegiatan lanjutan adalah napak tilas dari Padang Trail Runners. Komunitas lari tersebut akan start di Siti Nurbaya, Kota Tua, dan Gunung Padang, naik ke puncak sampai ke kuburan Siti Nurbaya itu. Di situ nanti akan dibuatkan videonya.

Kemudian, kata Yudi, seni pertunjukan juga akan memeriahkan Festival Siti Nurbaya 2024. Di antaranya pertunjukan seni budaya dan seni tarik suara Padang Youth Talent 2024.

Padang Youth Talent 2024 dibagi dalam tiga kategori, anak-anak usia 7-13 tahun, remaja usia 14-17 tahun, dan dewasa 18-30 tahun.

"Masing kategori usia ini pemenangnya akan difasilitasi pembuatan video klip dan aransemen musiknya. Pemenangnya kita fasilitasi, sehingga ketika menang dia tidak hanya membawa hadiah, tapi juga kita bina, buatkan video klip dan dijadikan duta wisata khusus seni suara, nanti kita tugaskan menyanyikan lagu-lagu bertema wisata untuk mempromosikan wisata," ujarnya.

Untuk kebudayaan, sebut Yudi, akan ada Pawai Telong-Telong dan Festival Makan Bajamba dengan menghadirkan wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Nanti kita datangi hotel untuk mendata dan mengundang wisatawan mancanegara atau nusantara untuk mempromosikan adat dan budaya. Tujuannya meningkatkan ekonomi kreatif dan tetap menggali nilai-nilai budaya yang ada di kita lewat Festival Siti Nurbaya," ujar Yudi. (*/yki)

Baca Juga

Antisipasi Kasus Hukum, Pj Sekda Padang Ingatkan OPD Pengampu Proyek Konsultasi ke Kejari
Antisipasi Kasus Hukum, Pj Sekda Padang Ingatkan OPD Pengampu Proyek Konsultasi ke Kejari
Penerapan Bus Listrik, Pemko Padang Jajaki Kerjasama dengan GIZ dan Shenzen Bus Group
Penerapan Bus Listrik, Pemko Padang Jajaki Kerjasama dengan GIZ dan Shenzen Bus Group
Ada yang baru pada Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 nanti. Pemko Padang berencana akan menggelar pameran artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW pada 7- 13 Agustus 2024.
HJK Padang ke-355, Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW Bakal Dipamerkan di Balai Kota
Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar resmi melaunching gerakan perlindungan bagi anak usia 0-7 tahun dari penyakit polio. Kegiatan ini
96.407 Anak Usia 0-7 Tahun di Padang Jadi Target Sasaran PIN Polio
Dukung UMKM Naik Kelas, 250 IRT di Padang Ikuti Keterampilan Menjahit dan Membatik
Dukung UMKM Naik Kelas, 250 IRT di Padang Ikuti Keterampilan Menjahit dan Membatik
Pemko Padang melakukan pemeliharaan terhadap gedung Balai Kota lama yang berada di Jalan M Yamin. Anggaran senilai Rp1,8 miliar pun
Gedung Balai Kota Lama Dipercantik, Pemko Padang Alokasikan Dana Rp1,8 Miliar