Pemko Padang Gandeng Blue Bird Hadirkan Bus Listrik

Pemko Padang Gandeng Blue Bird Hadirkan Bus Listrik

Pemko Padang dan Blue Bird jalin kerjasama pengadaan bus listrik. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id – Kota Padang bersiap menyambut era baru transportasi publik yang lebih modern dan ramah lingkungan. Pemerintah Kota Padang resmi menjalin kerjasama dengan PT Big Bird Pusaka (Blue Bird) untuk menghadirkan bus listrik sebagai armada Trans Padang.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Direktur Utama PT Big Bird Pusaka (Blue Bird), Coody Johasman Madjid, di Gedung Putih Rumah Dinas Wali Kota Padang, Rabu (8/5/2024).

Langkah ini merupakan komitmen Pemko Padang untuk mewujudkan kota yang maju dan berkelanjutan. Bus listrik tidak hanya menghadirkan transportasi publik yang modern, tetapi juga berkontribusi dalam mengurangi polusi udara dan emisi gas buang.

"Keberadaan bus listrik bukan hanya pengganti moda transportasi, tapi wujud kepedulian terhadap kelestarian lingkungan," ujar Hendri Septa dalam keterangan resmi.

Ia berharap kerjasama ini dapat segera terealisasi dan menjadikan Padang sebagai kota percontohan di Sumatera dalam penggunaan bus listrik untuk transportasi publik.

Direktur Utama Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM), Alvino Marta, menyatakan kesiapan pihaknya untuk mewujudkan rencana ini.

"Perumda PSM siap mendukung keinginan Pemko Padang dalam menghadirkan bus listrik sebagai armada Trans Padang," tuturnya.

Coody Johasman Madjid dari PT Big Bird Pusaka menyambut baik kerjasama ini dan antusias untuk mewujudkannya.

"Jika terwujud, Padang akan menjadi kota pertama di Sumatera yang menggunakan bus listrik untuk transportasi publik," ungkapnya.

Kehadiran bus listrik di Padang diharapkan dapat memberikan banyak manfaat, antara lain, bus listrik tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga dapat membantu menjaga kualitas udara di Padang.

Kemudian, bus listrik menawarkan pengalaman berkendara yang lebih tenang dan nyaman bagi penumpang, penggunaan bus listrik dapat menjadi daya tarik wisata bagi Padang, karena menunjukkan komitmen kota terhadap kelestarian lingkungan.

Pemerintah Kota Padang dan PT Big Bird Pusaka akan terus berkoordinasi untuk mematangkan rencana ini. Diharapkan dalam waktu dekat, bus listrik dapat segera mengaspal di jalanan Padang dan membawa kota ini menuju masa depan yang lebih modern dan ramah lingkungan. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Mengabdi di Padang, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Program Relawan Bakti BUMN Batch V
Mengabdi di Padang, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Program Relawan Bakti BUMN Batch V
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Bupati menanggapi ada 292 anggota jaringan terorisme NII di Tanah Datar.
Prebunking: Imbauan Bupati Tanah Datar, Tenang dan Cari Informasi Benar Pasca Erupsi Marapi
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau progres pekerjaan di kawasan Lembah Anai pada Kamis (23/5/2024).
Pengerjaan Jalan di Lembah Anai Ditargetkan Tuntas dan Bisa Dilewati 21 Juli 2024