Pemko Padang Dorong 150 Pedagang untuk Dapatkan Label Halal

Pemko Padang Dorong 150 Pedagang untuk Dapatkan Label Halal

Ilustrasi (Langgam.id)

Langgam.id – Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perdagangan akan akan bantu 150 pedagang untuk mendapatkan sertifikasi halal, Minggu (17/03/2019).

Sekretaris Perdagangan Kota Padang, Jasaman mengatakan, label halal sebagai bentuk dagangan yang mereka jual sesuai dengan aturan. “Jadi, sertifikat itu menyatakan dagangan yang mereka jual terbuat dari bahan yang sehat serta diolah dengan baik,” ujarnya saat diwawancarai Langgam.id.

Pada dasarnya, kata Jasman, konsumen berhak mendapat infromasi dari apa yang mereka konsumsi. “Label hal itulah sebagai bentuk pernyataan kalau apa yang dikonsumsi itu jelas. Itu sudah ada kententuannya dalam Undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,” jelasnya.

Terkait sertifikasi halal untuk 150 pedagang, Pemko Padang akan bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian.

Selain itu, 2018, sudah ada 50 pedagang yang mendapatkan sertifikasi halal di Kota Padang.

Sertifikasi halal, kata Jasaman, tentunya tidak sembarangan. “Ada kategorinya, jadi ada pembagian secara adil,” ungkap Jasman.

Itulah upaya yang dilakukan Pemko Padang agar makanan yang ada di sini berlabel halal, kata Jasman. (Miftahul Jannah/FZ)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Sinergisme Energi Mensukseskan Program Pengabdian Kampung Tematik
Sinergisme Energi Mensukseskan Program Pengabdian Kampung Tematik
Langgam.id - Perantau dari Kabupaten Agam, Sumbar bakal menampilkan pameran kuliner, adat dan budaya asli Minangkabau di Australia.
Perantau Agam Perkenalkan Kuliner, Adat dan Budaya Minang di Australia
Langgam.id - Wali Kota Medan, Bobby Nasution memuji kuliner khas Minang selama berada di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Ikut Rakernas Apeksi di Padang, Bobby Nasution Puji Nikmatnya Kuliner Minang
Langgam.id - Satu ton bumbu Randang diekspor ke Jerman, dan dapat izin kirim setelah menjalani kurasi hampir enam bulan.
1 Ton Bumbu Randang Diekspor ke Jerman
Langgam.id - Rumah Makan Padang milik YouTuber Arief Muhammad resmi beroperasi, sudah banyak penikmat Nasi Padang yang datang ke lokasi.
Disebut Murah, Ini Harga Sejumlah Menu di Rumah Makan Padang Milik Arief Muhammad
Langgam.id - Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy meluncurkan komik yang berjudul Da Audy dan Yuang Lala.
Promosi Budaya, Wagub Sumbar Luncurkan Komik Da Audy dan Yuang Lala