Pemko Kembangkan Hutan Kota Sikapak di Pariaman Jadi Destinasi Wisata

Pemko Kembangkan Hutan Kota Sikapak di Pariaman Jadi Destinasi Wisata

Kawasan Hutan Kota Sikapak, Pariaman. (Foto: Diskominfo Kota Pariaman)

Langgam.id - Pemerintah Kota mengembangkan hutan kota di Sikapak, Pariaman menjadi destinasi wisata. Untuk keperluan itu, Pemko Pariaman segera membangun jalur pedestrian yang memungkinkan kawasan itu dikunjungi.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, jalur pedestrian alias jalur pejalan kaki tersebut akan dibangun selebar dua meter melalui areal hutan kota seluas 2,5 hektare itu.

Menurutnya, pemko ingin agar hutan kota tersebut bisa dikembangkan jadi destinasi wisata berbasis keluarga dan anak-anak.

Karena itu, selain merencanakan areal kemping, Pemko Pariaman juga akan membuat kebun binatang mini dan menanam pohon kencana.

"Hutan Kota Sikapak kita rancang menjadi lebih indah dan nyaman," katanya, sebagaimana dirilis Diskominfo Pariaman di situs resmi Pemko, Senin (30/1/2023).

Baca Juga: Ratusan Rider Ramaikan Trail Amal di Desa Naras I

Untuk keperluan perencanaan itu, Genius Umar meninjau hutan kota itu bersama sejumlah pejabat Pemko.

Kawasan hutan di Sikapak telah ditetapkan sebagai hutan kota oleh pemko sejak zaman Genius jadi wakil wali kota pada masa Wali Kota Mukhlis Rahman.

Perencanaan pengembangannya telah dimulai sejak 2011 bekerja sama dengan Fakultas MIPA Universitas Andalas.

Hutan Kota Sikapak yang berada pada ketinggian 32 hingga 48 meter mdpl saat itu ditetapkan untuk membentuk kawasan paru-paru kota dan sumber persediaan air. Selain manfaat itu, hutan kota dinilai penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan antara pertumbuhan ekonomi dengan penurunan ekologi yang biasa terjadi dalam pembangunan kota. (*/SS)

Baca Juga

Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023