Pemkab Solok Selatan Janjikan Dokter Gigi Romi Jadi CPNS

Pemkab Solok Selatan Janjikan Dokter Gigi Romi Jadi CPNS

Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan Yulian Efi (Foto: Rahmadi/langgam.id)

Langgam.id - Polemik pembatalan status kelulusan CPNS drg Romi Syofpa Ismael mulai menemukan titik terang. Desakan berbagai pihak hingga komentar Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko membuka mata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan yang membatalkan CPNS Romi karena alasan disabilitas.

Pemkab Solok Selatan akhirnya menyetujui Romi menjadi CPNS. Keputusan akan kembali mengangkat dokter gigi itu menjadi CPNS diambil setelah pihaknya menggelar rapat dengan pihak Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, (Kemenko PMK RI) di Jakarta.

Hal itu dibenarkan Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan Yulian Efi selaku ketua Panselda CPNS Solok Selatan 2018. Menurutnya, dari pertemuan itu, Pemkab Solok Selatan melalui Bupati sepakat akan menyurati Panselnas CPNS 2018 atau BKN dan Kemenpan RI.

Surat tersebut menjelaskan tentang dua peluang yang bisa diisi untuk mengangkat drg Romi sebagai CPNS. Pertama, untuk mengisi kekosongan satu formasi disabilitas pada rekrutan CPNS 2018.

Peluang kedua, pemkab Solok Selatan akan membuka rekrutmen dua formasi dokter gigi di CPNS 2019 ini. Dari dua jalur itulah solusi drg Romi bisa menjadi CPNS.

“Jadi kami usahakan ini jalur khusus. Pak Bupati sudah memberikan langsung suratnya dan diterima langsung oleh Panselnas dan Mendagri,” kata Yulian Efi kepada awak media di Padang, Kamis (1/8/2019).

Namun, bagaimana keputusan selanjutnya tetap bergantung pada Panselnas. Ia juga menyebutkan tidak ada larangan disabilitas mengikuti CPNS formasi jalur umum.

“Semua sudah kita lakukan sesuai aturan. Terserah Panselnas lagi mana yang akan disetujui,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, dengan adanya kejelasan dari Panselnas nanti, masalah ini bisa segera tuntas. Ia juga menginginkan agar drg Lili Suryani yang melaporkan drg Romi tetap di posisi CPNS-nya hari ini.

“Jadi ini sedang diusahakan sekarang. Mudah-mudahan formasinya segera didapat, kalau dapat formasi tentu drg Romi diangkat,” katanya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak lagi membully drg Lili yang menjadi pengganti posisi drg Romi. Menurutnya, drg Lili juga berhak menjadi PNS. Apalagi, drg Romi juga sudah ada kejelasan dan pemberitaannya sudah viral kemana-mana.

“Kalau sudah diangkat tentu masalahnya selesai, harapan kita seperti itu. Saya juga mengimbau agar dokter Lili, jangan dibuli, biar saja, mereka juga punya hak, drg Romi juga punya hak, dua duanya punya hak,” katanya. (Rahmadi/Langgam.id)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya