Pemkab Solok Evaluasi Kebutuhan Tenaga Harian Lepas di Seluruh OPD

Pemkab Solok Evaluasi Kebutuhan Tenaga Harian Lepas di Seluruh OPD

ASN Pemkab Solok ikuti apel gabungan di halaman Kantor Bupati Solok beberapa waktu lalu. (foto: solokkab.go.id)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Solok akan mengevaluasi kebutuhan tenaga harian lepas (THL). Evaluasi ini dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan THL di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Selain itu, evaluasi tersebut dilakukan merupakan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPD tahun 2020 LHP BPK RI Nomor: 43.B/LHP/XVIII.PDG/05/2021 tanggal 6 Mei 2020.

Serta, memperhatikan kondisi anggaran pendapatan belanja daerah Kabupaten Solok tahun 2021 terkait refocusing anggaran untuk penanganan covid-19. Keterangan ini sesuai surat yang dikeluarkan Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman.

Aswirman mengatakan, untuk total THL yang akan dievaluasi belum diketahui. Keputusan ini akan diberikan kepada masing-masing OPD.

"Total belum jelas, itu tergantung yang ada di OPD masing-masing. Ini yang akan dievaluasi, berapa yang ada, berapa kebutuhan," kata Aswirman dihubungi langgam.id, Rabu (26/5/2021).

Ia mengungkapkan, angka pasti THL yang aktif sekarang belum jelas. Namun menurut informasi, terdapat 1.700 THL yang tersebar di sekitar 30 OPD Kabupaten Solok.

"Total THL ini kan informasi disinyalir dari bupati, angka belum pasti. Katanya 1.700 orang, ini kami pastikan. Apakah semua itu kebutuhan kita? Ini yang akan dievaluasi, bisa jadi kebutuhan kita 1.000," jelasnya.

Menurut Aswirman, THL ini tanggung jawab OPD, begitupun soal kontrak. Maka itu evaluasi akan dilakukan lantaran kebutuhan THL membutuhkan biaya APBD.

"Apakah THL yang tidak dipakai lagi ini dirumahkan dan dalam waktu saat dipanggil kembali ini akan didiskusikan dengan pak bupati," ujarnya.

Berikut isi surat Sekretaris Daerah Kabupaten Solok yang ditujukan kepada kepala OPD soal evaluasi kebutuhan THL. Surat terbit 25 Mei 2021

1. Melakukan kajian dan analisis kebutuhan tenaga harian lepas pada unit kerja saudara berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja.

2. Melaksanakan evaluasi terhadap tenaga harian lepas pada unit kerja masing-masing dengan mempertimbangkan kebutuhan, kompetensi dan kualifikasi.

3. Menghentikan kontrak seluruh tenaga harian lepas pada unit kerja saudara terhitung tanggal 31 Mei 2021.

4. Menyampaikan softcopy laporan pelaksanaan evaluasi tenaga harian lepas pada unit kerja saudara paling lambat 10 Juni 2021. (Irwanda/yki)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

mulyadi nasrul abit
Soal Kader Terlibat Narkoba, Demokrat Sumbar Serahkan pada Hukum dan Tegakkan Aturan Partai
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Terlibat Narkoba, Polisi: Kami Cegat di Tepi Jalan
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Terlibat Narkoba, Polisi: Kami Cegat di Tepi Jalan
Langgam.id - Seorang pria berinsial DM (20) diamankan polisi karena diduga menjual wanita ke pria hidung belang di salah satu hotel di Padang
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Ditangkap Terkait Narkoba, 1 Paket Sabu Disita
3 Rumah Gadang Terbakar di Solok, Bupati dan Kapolres Tinjau Lokasi
3 Rumah Gadang Terbakar di Solok, Bupati dan Kapolres Tinjau Lokasi
Gadang Manyimpang, Mengenal Suku Panai Linjuang di Kabupaten Solok
Gadang Manyimpang, Mengenal Suku Panai Linjuang di Kabupaten Solok
Dihadiri Ketua MA, Kaum Panai Linjuang Batagak Pangulu
Dihadiri Ketua MA, Kaum Panai Linjuang Batagak Pangulu