Pembangunan Dimulai, Perpustakaan Daerah Pariaman Dianggarkan Rp10 Miliar

Pembangunan Dimulai, Perpustakaan Daerah Pariaman Dianggarkan Rp 10 Miliar

Peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan daerah di Kota Pariaman. [Foto: MC Kota Pariaman]

Langgam.id - Pembangunan perpustakaan daerah di Kota Pariaman dimulai. Pemerintah pusat menyalurkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Perpustakaan Nasional sebesar Rp 10 miliar.

Pembangunan itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando di Bypass Kampung Gadang, Rabu (28/12/2022). Turut serta hadir Direktur SDM Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan (Ditjen Kuathan) Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Brigjen TNI Manofarianto.

Muhammad Syarif Bando mengatakan, sampai saat ini, ada transfer teori dan praktik dari buku ke otak manusia melalui injeksi. Cara satu-satunya yang dapat dilakukan dengan membaca.

Sisi lain, pengetahuan bukan cuma milik hak peserta didik. Namun, seluruh masyarakat berhak mendapatkannya. Perpustakaan akan memenuhi masyarakat tersebut.

"Perpustakaan ini harus menjadi ruang belajar terbuka untuk seluruh masyarakat Kota Pariaman dan sekitarnya. Kepada Forkopimda Kota Pariaman agar mengawal pembangunan ini," katanya.

Pembangunan perpustaka, lanjutnya, salah satu program unggulan dari Presiden Jokowi untuk mencerdaskan sumber daya manusia. Tidak luput, dia mengucapkan terima kasih sekaligus apresiasi pada Wali Kota Pariaman Genius Umar yang telah bergerak cepat menyukseskan program andalan Presiden.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan, pembangunan Perpustakaan Daerah Pariaman itu mendapatkan bantuan DAK dari Perpustakaan Nasional sebesar Rp 10 miliar.

"Perpustakaan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat. Di sini ada beberapa perguruan tinggi dan sekolah dari SD, SMP, SMA/SMK, semuanya harus memiliki minat baca," katanya.

Baca Juga: Pemko Pariaman Segera Bangun Perpustakaan Standar Nasional Berkonsep Turisme

Genius berharap keberadaan perpustakaan di Kota Pariaman juga mampu mendorong pariwisata di sana (tourism library). Dia menyebut, pembangunan diproyeksikan tuntas Agustus 2023, dan akan diresmikan September 2023.

Baca Juga

Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Tabuik Dibuang ke Laut jadi Penutup Rangkaian Festival Hoyak Tabuik 2023
Tabuik Dibuang ke Laut jadi Penutup Rangkaian Festival Hoyak Tabuik 2023