Pelat Nomor Putih di Tanah Datar Sudah Berlaku, Ini Kendaraan yang Diprioritaskan

Langgam.id - Pergantian warna dasar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sudah berlaku di beberapa daerah di Sumbar, termasuk di Tanah Datar

Kanit Regident Satlantas Polres Tanah Datar, Ipda Rido. [Foto: Irwanda/langgam.id]

Langgam.id - Pergantian warna dasar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sudah berlaku di beberapa daerah di Sumatra Barat (Sumbar), termasuk di Kabupaten Tanah Datar. Pergantian warna pelat nomor kendaraan ini dari dasar hitam ke putih.

Pengurusan pergantian warna dapat dilakukan di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Tanah Datar. Terdapat kendaraan yang diprioritaskan terlebih dahulu untuk mendapatkan pelat nomor dasar putih tersebut.

Menurut Kanit Regident Satlantas Polres Tanah Datar, Ipda Rido, pihaknya memprioritaskan terlebih dahulu bagi kendaraan baru untuk mendapatkan pelat nomor dasar putih.

"Untuk warna dasar TNKB putih, kalau untuk kendaraan pribadi dan roda dua sudah diberlakukan. Itu yang diprioritaskan untuk pencetakan TNKB warna putih bagi kendaraan baru dan pergantian STNK lima tahun," ujar Rido kepada langgam.id, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Rido, untuk kendaraan yang pajak lima tahunan belum habis masih tetap bisa menggunakan pelat nomor warna hitam. Satlantas Polres Tanah Datar tidak melakukan penindakan.

"Untuk pergantian warna dasar pelat putih di Samsat syaratnya membawa STNK asli dan membayar biaya Rp60 ribu untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB)," ungkapnya.

Rido mengungkapkan, bagi masyarakat yang ingin mengganti warna pelat nomor secara mandiri juga dipersilakan tanpa harus datang ke Samsat. Namun pengecatan harus tetap sesuai dengan aturan.

"Kalau ada inisiatif masyarakat, selagi itu masih dilakukan sesuai aturan yang dikeluarkan Ditlantas Polda Sumbar diizinkan insiatif cat sendiri. Tidak masalah, asalkan huruf dan lebar sesuai aturan," katanya.

Baca juga: Polda Sumbar Mulai Terapkan Seri 3 Huruf untuk Pelat Nomor Kendaraan

Selama Juli 2022, Samsat Tanah Datar telah menerima sekitar 600 pasang pelat nomor kendaraan warna putih. Rido menegaskan, untuk stok material saat ini mencukupi dan masyarakat tidak perlu khawatir.

Ikuti berita Kota Pariaman – berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Jalan Provinsi di 7 Pintu Masuk Tanah Datar Rusak, Bupati Eka Temui Bina Marga
Jalan Provinsi di 7 Pintu Masuk Tanah Datar Rusak, Bupati Eka Temui Bina Marga
Festival Pesona Saghibu Dulang di Nagari Jeruk Purut Tanjung Barulak
Festival Pesona Saghibu Dulang di Nagari Jeruk Purut Tanjung Barulak
Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka event Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Jumat (12/4/2024).
Sumarak Labuah Babudayo Jadi Pembuka Progul Satu Nagari Satu Event Tanah Datar 2024
Jalan Tanjung Barulak-Tapi Selo via Bukit Martobak Putus
Jalan Tanjung Barulak-Tapi Selo via Bukit Martobak Putus
30 Titik Bencana di Kabupaten Tanah Datar, Bupati Tetapkan Tanggap Darurat 14 Hari
30 Titik Bencana di Kabupaten Tanah Datar, Bupati Tetapkan Tanggap Darurat 14 Hari
Bupati Tanah Datar, Eka Putra meninjau lokasi banjir lahar dingin di Batang Lona Lima Kaum pada Jumat (5/3/2024). Pada kesempatan itu, Eka
Banjir Lahar Dingin Rendam Sawah Warga di Tanah Datar