PBM Tatap Muka Dimulai Agustus 2020, Ratusan Guru di Bukittinggi Jalani Tes Swab

Ratusan Guru di Bukittinggi Jalani Tes Swab

Ilustrasi Pengambilan Swab (Foto: Humas Pemko Bukittinggi)

Langgam.id - Kota Bukittinggi merencanakan akan segera memulai Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dimulai pada minggu pertama Agustus 2020. Hal itu dikarenakan tidak adanya kasus terkonfirmasi positif corona di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, Melfi Abra mengatakan, sebelum dibukanya PBM tatap muka, pihaknya melakukan tes swab terhadap ratusan guru dan tenaga pendidikan.

"Ini tahap pertama, ada guru dan tenaga pendidikan, totalnya 802 orang. Ini hanya untuk SMP dan Madrasah Tsanawiyah, baik swasta ataupun negeri," ujar Melfi saat dihubungi Langgam.id, Senin (27/7/2020).

Tes swab, katanya, akan berlangsung selama empat hari, yaitu hingga Kamis (30/7/2020). Hari pertama, sebanyak 250 orang guru dan tenaga pendidikan di Kota Bukittinggi jalani tes swab.

"Tatap muka, kan kita sudah zona hijau. Diperkirakan minggu pertama bulan Agustus dimulai (PBM tatap muka), ini untuk SMA dan SMP," ungkapnya..

Melfi menyebutkan, untuk SMP dan SMA ini akan menjalani masa transisi pembelajaran tatap muka. Apabila sudah berjalan aman selama dua bulan, maka akan diberlakukan untuk pelajar Sekolah Dasar (SD).

"Jadi, SD dua bulan setelah SMA dan SMP, ini sesuai SK Kementerian. Habiskan dulu transisi tatap muka untuk SMA dan SMP. Sejak tanggal 14 Juli kan Bukittinggi sudah zona hijau, tak ada lagi positif ber-KTP Bukittinggi," paparnya.

Selama transisi dua bulan, jelas Melfi, bagi SMP dan SMA akan belajar secara bergantian (shift) dan jam pembelajaran diperpendek. Apabila dinyatakan aman, maka akan masuk kembali 100 persen.

"Kalau sudah 100 persen, kita tetap jalankan protokol kesehatan, pakai masker dan jaga jarak," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Menengok Geomorfologi Ngarai Sianok
Menengok Geomorfologi Ngarai Sianok
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bukittinggi sudah mengumumkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 untuk SD dan SMP negeri.
PPDB SD dan SMP Negeri di Bukittinggi Dibuka Juni, Berikut Jadwal dan Syaratnya
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengeluarkan Surat Edaran Nomor 400/1140 /Kesra/XII-2023 tentang Pergantian Tahun Baru Masehi di
Gempa 4 Kali Guncang Bukittinggi hingga Siang Ini
Pemerintah membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2024 di delapan kementerian/lembaga. Ada total 3.445 formasi yang dibuka
8 Instansi Buka Seleksi Sekolah Kedinasan 2024, Tersedia 3.445 Formasi
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang masih membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP negeri.
Ini 4 Jalur Masuk PPDB SD dan SMP Negeri di Padang 2024
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan