Pascasurvei LSI, Andre Rosiade: Alhamdulillah, 50,5 Persen Orang Minang Pilih Prabowo

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade bersyukur dengan hasil survei yang dirilis Polstra Research & Consulting, Rabu

Andre Rosiade bersama Prabowo Subianto. [foto: Ist]

LanggamInfo - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap hasil rilis survei calon Presiden stau capres 2024. Salah satu hasilnya sebanyak 50,5% responden yang berasal dari suku Minang memilih Prabowo Subianto sebagai Presiden. Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade bersyukur masyarakat Minang masih mendukung Partai Gerindra dan Prabowo Subianto.

Survei yang dirilis LSI periode 1-8 Juli 2023 melibatkan 1.242 responden. Metode yang digunakan adalah random digit dialing atau wawancara telepon secara acak, margin of error survei ±2.8% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling.

Hasil survei itu terungkap basis pendukung Partai Gerindra yang berasal dari suku Minang sebesar 31,5%. Sedangkan berdasarkan simulasi 3 nama capres menurut sosio-demografi, sebanyak 50,5% responden dari suku minang mendukung Prabowo Subianto.

"Saya selaku Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat sangat senang bahwa PR besar saya dalam beberapa bulan terakhir telah terjawab, bahwa 50,5% masyarakat Minang sudah kembali memilih Prabowo. Ini kabar bagus yang patut disyukuri," kata Andre Rosisde, Kamis (13/7/2023).

Anggota DPR RI asal Sumbar ini mengatakan, sejak November 2022, Prabowo Subianto mendapatkan sentimen negatif dari kalangan warga Minang lantaran berbagai berita negatif dan fitnah yang beredar di tengah masyarakat Sumbar.

Namun, sejumlah kader Partai Gerindra dan Andre terus melakukan upaya kerja politik untuk menekan isu negatif tersebut sehingga kondisi itu kini berbalik. Mayoritas masyarakat Minang yang sempat berpindah dukungan kembali mendukung Prabowo Subianto dan Gerindra.

"Sejak November 2022 kami memang mendapatkan perlawanan ketat dari capres tertentu. Dan alhamdulillah kalau kita baca data yang disampaikan LSI, 50,5% di kami dan 36,8% di sana, berarti kerja keras kami sejak Desember sudah on the track. Ini menunjukkan pemilih Pak Prabowo di 2019 yang sempat bergeser ke sebelah, perlahan sekarang sudah kembali ke Pak Prabowo," ujar Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Dengan hasil ini, Andre menyebut, Gerindra dan relawan Prabowo tentu belum akan puas dan berhenti bergerak. Karena waktu masih cukup panjang jelang pencoblosan 14 Februari 2024. “Kami akan terus mengevaluasi langkah dan memperbaikinya tanpa henti. Agar kemenangan pak Prabowo dan Gerindra semakin tinggi lagi. Kami mohon doa dan dukungan masyarakat Sumbar,” kata anggota Dewan Pembina DPP Gerindra ini.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan menyebut mayoritas masyarakat Minangkabau tetap memilih Partai Gerindra dan Prabowo Subianto dalam pemilu 2024 mendatang. Hal itu, kata dia, berkat kerja politik Andre Rosisde dan kader-kader Gerindra yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Sumatera Barat.

"Minang, cenderung banyak ke Gerindra. Di kalangan Minang, Prabowo yang unggul, baru Anies. Ini mungkan karena Bang Andre. Bang Andre malu ya kalo nggak seperti ini hasil surveinya," kata Djayadi. (*/Fs)

Baca Juga

Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak banjir di Kabupaten Pesisir Selatan
Korban Terdampak Banjir di Lengayang Pessel Terima Bantuan Sembako dari Andre Rosiade
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra H Andre Rosiade sangat bersyukur dengan telah ditetapkannya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Andre Rosiade Puji Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania Salurkan Bantuan Kemanusiaan Indonesia ke Gaza via Udara
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan ribuan paket sembako untuk korban terdampak banjir di Pesisir Selatan (Pessel).
Jelang Lebaran, Andre Rosiade Kembali Salurkan Ribuan Paket Sembako Bagi Korban Banjir Pessel
Sebanyak 150 bus Pulang Basamo untuk gelombang kedua resmi dilepas, Kamis (4/4/2024). Ratusan bus mudik bareng yang digagas Presiden
150 Bus Pulang Basamo Dilepas, Angkut 8 Ribu Perantau Minang di Jakarta Pulkam ke Sumbar
Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade mengatakan, Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto sangat peduli terhadap warga Sumbar.
Andre Rosiade Ingatkan Warga Sumbar untuk Tidak Mudah Terprovokasi Politik Identitas