Pasar Pariaman Hampir Selesai, Gubernur Meninjaunya Usai Sosialisasi

Pasar Pariaman Hampir Selesai, Gubernur Meninjaunya Usai Sosialisasi

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meninjau perkembangan pembangunan Pasar Pariaman. (Foto: Dok. Staf Gubernur)

Langgam.id - Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno meninjau perkembangan pembangunan Pasar Pariaman, Sumatra Barat, Rabu (7/10/2020). Pasar yang mulai dibangun pada akhir 2019 lalu itu sudah hampir selesai.

Situs resmi Pemko Pariaman merilis, Gubernur Irwan Prayitno bersama Plt. Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Kajari Azman Tanjung serta jajaran Forkopimda memantau proses pembangunan Pasar Pariaman

"Proses pembangunan sudah hampir selesai, tinggal tahap akhir. Semoga pasar ini menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat Kota Pariaman," kata Irwan, di akun facebook resminya.

Pasar Rakyat Kota Pariaman lama sudah berusia lebih dari 100 tahun. Pasar ini yang dibangun kembali dengan anggaran mencapai Rp81,7 miliar. Bangunan baru dirancang dengan konsep ramah lingkungan yang tahan gempa.

Baca Juga: Berusia Lebih 100 Tahun, Pasar Pariaman Dibangun Kembali dengan Anggaran Rp81,7 Miliar
.
Sebelumnya, Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR merilis, bangunan pasar yang dibiayai dengan dana APBN itu,direncanakan tidak hanya diperuntukkan sebagai pasar rakyat. Hal ini mengingat posisinya yang berada di pusat kota dan dekat dengan wisata Pantai Gandoriah. Dengan revitalisasi diharapkan pasar tersebut akan menjadi pusat aktivitas warga.

Bangunan pasar direncanakan mencapai tingkat 3 dan tingkat 4 sebagiannya. Dilengkapi konstruksi atap dak beton yang direncanakan sebagai shelter apabila terjadi bencana tsunami.

Pasar Pariaman juga akan disiapkan ramp di sisi selatan bangunan agar dapat dimanfaatkan sebagai lokasi evakuasi. Pembangunannya dilakukan di atas lahan seluas 4.565 meter persegi dengan anggaran Rp 81,7 miliar oleh kontraktor PT. Wijaya Karya (Persero), Tbk.

Groundbreaking tanda dimulainya pembangunan pasar tersebut dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Sabtu (14/12/2019), di lokasi pasar yang telah dirobohkan.

Kunjungan Dua Menteri tersebut secara bersamaan, setelah menghadiri Puncak peringatan Hari Nusantara Nasional Tahun 2019 di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman.

Sebelum meninjau pasar, Irwan Prayitno menggelar sosialisasi Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Pariaman. "Kita berharap dengan adanya Perda AKB ini masyarakat terbiasa dalam memakai masker, mudah-mudahan menekan angka kasus positif covid-19 di wilayah Sumbar ini," ujar gubernur. (*/SS)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah