Pariaman Manfaatkan SDM dari Desa Sendiri Guna Menggali Potensi Desa

Pariaman Manfaatkan SDM dari Desa Sendiri Guna Menggali Potensi Desa

Pariwisata berkonsep Timur Tengah yang dikembangkan di Desa Tungkal Selatan. (Foto: dok humas)

Langgam.id - Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar Workshop lomba video kreatif pariwisata antar desa/kelurahan se Kota Pariaman bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pariaman Timur, (8/10/2020).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen menyampaikan bahwa hari ini kita melakukan rangkaian kegiatan lomba video kreatif pariwisata antar desa/kelurahan yang telah dibuka oleh Plt. Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin pada tanggal 1 Oktober 2020 yang lalu.

“Sekarang kita melakukan workshop ditingkat kecamatan, dengan mendatangkan 3 (tiga) orang Sumber Daya Manusia (SDM) asal desa sendiri agar dilatih mulai dari sekarang sampai 5 tahun kedepan untuk melakukan pembuatan video kreatif ini. Yang membuat video kreatif diutamakan pemuda dari desa masing-masing sedangkan untuk SDM dari luar desa kita tidak izinkan kalau hanya sebagai pembimbing saja diperbolehkan," tegasnya.

Dwi Marhen juga jelaskan bahwa dalam workshop ini, kita berikan ketentuan dan melatih mulai dari cara pembuatannya, aturan serta tema yang akan diambil.

“Setelah workshop ini selesai, kita memberi waktu selama 2 minggu kedepan bagi mereka untuk membuat video kreatif di desa masing-masing. Dan selanjutnya pada tanggal 26 s/d 29 Oktober 2020 akan dilanjutkan bimbingan di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman. Dan dilanjutkan pada tanggal 1 November 2020 akan kita upload di media sosial dan pada tanggal 12 Desember 2020 akan diumumkan pemenangnya," ulasnya.

“Dengan adanya 71 video kreatif dari desa/kelurahan yang akan muncul di Kota Pariaman maka akan meningkatkan promosi Kota Pariaman dan desa tersebut menjadi tahu potensi dari masing-masing desa mulai dari kuliner, pariwisata, seni dan budaya," sambungnya.

Lebih lanjut, ia juga menuturkan bahwa kalau dahulunya kita menggali potensi wisata melalui sebuah buku dengan mencari jumlah penduduk, mata pencarian dan potensinya namun sekarang kita rubah dalam bentuk video durasi tiga (3) menit.

“Dengan harapan melalui video durasi 3 menit ini orang bisa melihat potensi dari masing-masing desa tersebut sehingga ini juga mampu mempromosikan Kota Pariaman secara keseluruhan," imbuhnya.

Penilaian nantinya, desa/kelurahan wajib memilki akun media sosial  mulai dari instagram, facebook dan youtobe. Dan hasilnya nanti pada tanggal 1 November 2020 diupload dimasing-masing media sosial tersebut.

“Pengumuman pemenang akan di umumkan pada tanggal 12 Desember 2020. Ada 2 kategori dalam penilaian yakni kategori peserta terbaik dan kategori terfavorit. Dari seluruh peserta, akan dipilih 3 terbaik diantaranya pemenang juara 1 , 2 dan 3 dan akan dipilih juara favorit 1, 2 dan 3 berdasarkan like dan ditonton terbanyak. Nantinya peserta terbaik karyanya akan ditampilkan pada main event acara Launching Calender Of Event Pariaman 2021," tandasnya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Pariaman Timur M.Arief Gunawan menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan ini menjadi suatu inovasi yang bagus dimunculkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman terhadap pembuatan video kreatif desa/kelurahan.

“Dengan adanya program tersebut maka akan lahir informasi melalui video yang akan di share melalui media sosial dari Pemerintahan Desa masing-masing sehingga akan keluar potensi-potensi desa yang bisa dilihat masyarakat," katanya.

Lebih lanjutnya, tidak hanya masyarakat Kota Pariaman saja namun seluruh Indonesia maupun Internasional secara otomatis potensi desa  dapat dipromosikan.

“Potensi yang ada di Kecamatan Timur mulai dari pariwisata, pertanian, UMKM, seni budaya, namun secara keseluruhan yang diinginkan oleh tim nantinya dapat terealisasikan," sambungnya.

Turut hadir pada acara tersebut Kadis PMdes Kota Pariaman, Efendi Jamal, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Devi Astuti dan Kabid IKP Dinas Kominfo Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda. (Inf/HFS)

 

Baca Juga

Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pameran Foto dan Seni Rupa Di Bawah Kuasa Naga, Sebuah Kritikan pada Kebijakan Pariwisata
Pameran Foto dan Seni Rupa Di Bawah Kuasa Naga, Sebuah Kritikan pada Kebijakan Pariwisata
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka event Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Jumat (12/4/2024).
Sumarak Labuah Babudayo Jadi Pembuka Progul Satu Nagari Satu Event Tanah Datar 2024
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Menparekraf Sandiaga Uno: 63 Persen Wisatawan Datang ke Sumbar Karena Kulinernya
Pemko Revitalisasi Pedestrian Pantai Padang Sambut Pemudik Lebaran
Pemko Revitalisasi Pedestrian Pantai Padang Sambut Pemudik Lebaran