Panwas 7 Nagari di Solok Selatan Sepi Peminat, Bawaslu Perpanjang Pendaftaran

Tes wawancara pengawas desa atau nagari oleh Panwascam Pauh Duo. (Foto: Istimewa)

Tes wawancara pengawas desa atau nagari oleh Panwascam Pauh Duo. (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupate Solok Selatan (Solsel), Sumatra Barat (Sumbar), memperpanjang masa pendaftaran untuk panitia pengawas kelurahan atau desa (Panwaskel) di tujuh Nagari.

Ketua Bawaslu Solsel M Anshar mengatakan terpaksa memperpanjang rekrutmen untuk Panwas Nagari. Sebab, sampai masa penutupan yang harusnya dilakukan Sabtu (22/2/2020), kuota perekrutan dua kali kebutuhan belum terpenuhi.

"Tujuh nagari ini kami perpanjang masa pendaftarannya. Untuk nagari yang sudah memenuhi syarat minimal pelamar, masuk tahapan selanjutnya," katanya, Minggu (23/2/2020).

Pihaknya bakal merekrut satu orang per nagari untuk pengawas tingkat nagari tersebut. Sesuai aturan, pelamar minimal dua kali kebutuhan, atau dua orang setiap nagari.

Tujuh nagari sepi pendaftar itu tersebar di empat kecamatan. Yakni, Nagari Koto Baru, Pasar Muaralabuh, Pasirtalang Barat dan Sako Selatan Pasirtalang di Kecamatan Sungai Pagu. Lalu, Nagari Pauhduo nan Batigo di Kecamatan Pauh Duo, Nagari Padang Ganting di Sangir Jujuan, Pakanrabaa Timur di Koto Parik Gadang Diateh.

"Seluruh jumlah pendaftar Panwaskel di tujuh nagari ini baru berjumlah enam orang. Rata-rata baru ada satu pelamar. Satu nagari bahkan kosong, yakni Pasirtalang Barat," sebut Anshar.

Saat ini, kata Anshar, baru 118 pendaftar yang terjaring ikut dalam seleksi Panwaskel tersebut. Sebanyak 69 laki-laki dan 49 wanita. Berdasarkan jumlah, sejatinya telah melebihi target dua kali jumlah 39 nagari di Solsel, yakni 78 pelamar.

Namun, sebelum melimpahkan kelebihan pendaftar di nagari lain, pihaknya memperpanjang masa pendaftaran khusus bagi tujuh nagari yang sepi pendaftar. Hal ini diupayakan, agar personel Panwaskel nantinya berada dalam satu nagari yang lebih menguasai medan lapangannya.

"Pertama kami perpanjang dulu. Jika tidak juga terpenuhi, mungkin kami minta kesediaan dari nagari yang terdekat. Jika tidak juga bersedia, maka kami akan jemput bola ke lapangan," paparnya.

Durasi perpanjangan dibuka selama tiga hari. Mulai dilakukan dari tanggal 25 sampai 27 Februari. Pengumuman dan pembukaan pendaftaran langsung dilakukan di hari pertama perpanjangan. (*/ICA)

 

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Bawaslu Pesisir Selatan Siap Gelar Perekrutan Panwascam untuk Pilkada 2024
Bawaslu Pesisir Selatan Siap Gelar Perekrutan Panwascam untuk Pilkada 2024
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Bawaslu Padang Panjang Gelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024
Bawaslu Padang Panjang Gelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024