Padang Diterjang Banjir, Longsor hingga Puting Beliung

Kondisi ruas jalan tergenang di Jalan A Yani Padang. (Foto: Langgam.id)

Kondisi ruas jalan tergenang di Jalan A Yani Padang. (Foto: Langgam.id)

Langgam.id - Hujan deras yang mengguyur Kota Padang sejak siang hingga sore hari Rabu (22/7/2020), menuai bencana. Sejumlah ruas jalan di ibu kota provinsi Sumatra Barat itu diterjang banjir. Bahkan, 3 unit rumah di Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara, dilaporkan juga diterjang angin puting beliung. Hal itu dibenarkan Plt Kabid Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra.

Baca juga: Pantauan Kota Padang Terkini Setelah Diguyur Hujan Lebat Berjam-jam
.
"Bencana yang terjadi sedang didata. Sampai saat ini, terjadi bencana seperti angin puting beliung yang menerbangkan atap rumah warga, kemudian juga terjadi longsor dan banjir," katanya.

Bencana puting beliung itu merusak rumah 5 kepala keluarga (KK) dengan jumlah 25 jiwa. Setidaknya, jumlah seng yang diterjang anging mencapai 5 kodi. Selain itu, genangan air terjadi di sejumlah tempat. Namun, belum ada potensi yang berdampak membutuhkan evakuasi masyarakat.

Baca Juga: Gangguan Cuaca di Wilayah Konvergensi, BMKG: Sumbar Berpeluang 3 Hari Disiram Hujan

Selain banjir dan angin puting beliung, juga terjadi longsor di dua titik. Pertama di Batang Arau yang longsornya berpotensi melebar. Saat ini, pihaknya sedang berupaya mengungsikan masyarakat ke tempat yang lebih aman jika hujan terus berlanjut.

"Ada longsor di Gaung, sekarang tim sedang menuju ke lokasi. Kami belum mendapatkan informasi yang lebih lengkap," ujarnya.

Sutan berharap hujan segera mereda agar potensi bencana berkurang. Saat ini hujan juga sudah mulai mereda. "Sekarang intensitas hujan sudah rendah, namun sementara ini kami tetap berjaga di Batang Arau," ujarnya. (Rahmadi/ICA)

Baca Juga

Pemko Padang Kerahkan Alat Berat Bersihkan Material Longsor di Sungai Lareh
Pemko Padang Kerahkan Alat Berat Bersihkan Material Longsor di Sungai Lareh
Selama dua hari berturut-turut, Kamis-Jumat (21/6/2024), Kota Padang dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir.
Terdampak Banjir, BPBD Padang Evakuasi 11 Warga di Dadok Tunggul Hitam
Bantuan Mengalir untuk Penyintas Longsor Lambung Bukit Pauh
Bantuan Mengalir untuk Penyintas Longsor Lambung Bukit Pauh
Sumur Resapan Air: Solusi Efektif untuk Konservasi Air Tanah
Sumur Resapan Air: Solusi Efektif untuk Konservasi Air Tanah
Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Longsor di Kajai, Pasbar, empat orang terjebak karena akses jalan terputus.
Jalan Nasional Kerinci - Padang Putus
Sebanyak tujuh ruas jalan di Sumbar terdampak bencana alam banjir bandang dan tanah longsor pada 11 Mei lalu. Tidak itu saja, terdapat 46
BPJN: 7 Ruas Jalan di Sumbar Terdampak Banjir Bandang dan Longsor, Ini Rinciannya