MPZ Alumni FK Unand Salurkan Hewan Kurban ke 21 Titik di Pelosok Sumbar

MPZ Alumni FK Unand Salurkan Hewan Kurban ke 21 Titik di Pelosok Sumbar

Salah satu lokasi kurban alumni FK Unand di Mentawai. (Foto: Dok. MPZ Alumni FK Unand)

Langgam.id - Mitra Penghimpunan Zakat (MPZ) Alumni Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Andalas menyalurkan hewan kurban ke 21 titik di berbagai pelosok Sumatra Barat (Sumbar).

Ketua MPZ Alumni FK Unand dr. Muhammad Riendra, SpBTKV Subsp VE (K) mengatakan, setiap tahun, pihaknya selalu menyalurkan hewan kurban ke berbagai pelosok di Sumbar.

"Kami menyalurkan pada daerah yang minim sapinya atau tidak sebanding jumlah hewan kurban dengan jumlah keluarga penerima manfaat daging kurban," katanya, dalam keterangan tertulis, Jumat (30/6/2023).

Riendra mengatakan, pada Idul Adha 1444 Hijriah kali ini, pihaknya membagi ke sejumlah lokasi di pelosok Padang, Limapuluh Kota, Pasaman, Tanah Datar, Dharmasraya, Agam dan Kepulauan Mentawai.

"Untuk Mentawai, kami prioritaskan para muallah di masjid yang dibangun oleh alumni FK Unand dan juga masjid yang layak dibantu berdasarkan hasil survey relawan kita," kata dokter spesialis bedah jantung yang juga ketua harian Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unand itu.

Penanggung Jawab Kurban MPZ Alumni FK Unand Rezki Masril menambahkan, relawan alumni mencari daerah pelosok yang minim sapi untuk menjadi lokasi penyaluran.

Selain itu, penyaluran juga untuk masyarakat di sekitar tiga masjid yang telah dibangun alumni FK Unand. Yakni, dua di Mentawai dan satu di Malampah, kawasan yang terkena gempa di Pasaman, Sumbar.

Sementara, sapi yang dikurbankan, menurutnya, dicari di tempat yang berdekatan dengan lokasi kurban. "Kita manfaatkan sapi dari peternak setempat, yang layak untuk dikurbankan sesuai syariat Islam, baik umur, kesehatan, tidak cacat dan kami utamakan sapi jantan," katanya.

Ia mengatakan, selain membantu peternak setempat, hal tersebut juga untuk meminimalisasi biaya operasional.

Yayasan Alumi FK Unand yang dibentuk sejak 2018, menurutnya, akan terus menggelar berbagai kegiatan sosial dan keagamaan untuk menyalurkan zakat, infak, sedekah dan kurban dari alumni FK Unand. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pemko Pariaman Gelar Takbiran Keliling Idul Adha
Pemko Pariaman Gelar Takbiran Keliling Idul Adha
Ustadz Derry Sulaiman Khatib Salat Idul Adha di Pariaman
Ustadz Derry Sulaiman Khatib Salat Idul Adha di Pariaman
Nagari Batang Barus Terima 3 Ekor Sapi Kurban dari AQUA Solok
Nagari Batang Barus Terima 3 Ekor Sapi Kurban dari AQUA Solok
Polda Sumbar dan Jajaran Berkurban 144 Sapi dan 21 Kambing
Polda Sumbar dan Jajaran Berkurban 144 Sapi dan 21 Kambing
Jumlah hewan kurban yang disembelih di Kota Padang pada 2023 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Pada tahun ini, 8.018 ekor.
Idul Adha 2023, Jumlah Hewan Kurban di Padang Capai 8.018 Ekor
Dua koridor Trans Padang bakal beroperasi pada Desember 2023 nanti. Dua koridor tersebut yaitu koridor 2 dengan rute Pusat Kota-Bungus dan
Hari Raya Idul Adha, Jam Operasional Bus Trans Padang Berubah