Menteri Desa PDTT Apresiasi Sekolah Beruk di Pariaman

Menteri Desa PDTT Apresiasi Sekolah Beruk di Pariaman

Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Foto: FB Bumdes Apar Mandiri)

Langgam.id - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar mengapresiasi adanya Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB) di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar) yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

"Sangat bagus itu, saya kira ini merupakan terobosan yang luar biasa," ujarnya ketika berkunjung ke Kota Pariaman, Jumat (24/7/2020).

Menurut Abdul Halim, untuk mencari pemanjat kelapa saat ini bukanlah hal yang mudah, itu butuh keahlian khusus.

Apalagi, katanya, beruk atau kera ekor pendek itu bisa membedakan mana yang harus diperik dan mana yang tidak. "Saya tahu betul itu, di desa saya juga ada kelapa," ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Abdul halim, adanya sekolah beruk itu tidak hanya dapat dijadikan sebagai tempat melatih beruk. tapi, juga bisa dijadikan sebagai objek wisata yang akan menarik kunjungan wisatawan.

Ditegaskan Abdul Halim, dalam penggunaan dana desa, haruslah untuk hal-hal yang produktif, sehingga dana yang dikucurkan dapat digunakan untuk peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar menyebutkan, di sekolah itu, beruk dilatih untuk memetik kelapa dan pengelolaanya dilakukan oleh BUMDes. "Monyet itu dapat membedakan kelapa yang tua dan yang muda," ujarnya.

Bahkan, karena keunikannya, kata Genius, awal 2020 lalu STIB dikunjungi wisatawan mancangera, yaitu bersal dari China dan masih banyak lagi wisatan lokal yang telah mengunjungi sekolah beruk tersebut. (*/ZE)

Baca Juga

Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023