Melongok Persiapan Pilkades 18 Desa di Kota Pariaman Awal Tahun Depan

Langgam.id - Sebanyak 18 desa di Kota Pariaman, Sumatra Barat bakal melakukan pemilihan kepala desa serentak pada Februari tahun depan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kota Pariaman Hendri mengatakan persiapan Pilkades 18 desa tersebut sudah matang dan sesuai tahapan yang ada, serta direncanakan bakal dilaksanakan pada 12 Februari 2021.

Ia menyebutkan 18 desa yang akan menggelar Pilkades serentak itu adalah Desa Sikapak Barat, Desa Cubadak Air, Desa Tanjung Sabar, Desa Naras Hilir, Desa Balai Naras, Desa Naras I, Desa Pang Birik-Birik.

“Juga Desa Sungai Rambai, Desa Tungkal Utara, Desa Ampalu, Desa Kampung Baru Padusunan, Desa Kampung Gadang, Desa Talago Sarik, Desa Toboh Palabah, Desa Simpang, Desa Punggung Lading, Desa Marabau dan Desa Marunggi,” ujarnya dikutip dari laman resmi pemda, Sabtu (27/11/2021).

Mantan Kadis Kominfo Kota Pariaman itu menjelaskan bahwa sebelumnya, tahapan itu sudah dimulai dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di masing-masing desa.

Kemudian, juga telah dibentuk panitia di tingkat kota dan tingkat kecamatan sesuai dengan Keputusan Walikota Pariaman Nomor 325/412/2021.

“Dan sekarang kita melakukan rapat panitia  tingkat kota dan tingkat kecamatan. Rapat ini bertujuan agar kita sama-sama memahami tugas dan wewenang masing-masing sekaligus memahami bagaimana proses pemilihahan kepala desa di tahun 2021/2022 ini," katanya dalam rapat panitia persiapan Pilkades itu.

Ia mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan Pilkades serentak pada Februari 2021, masih dalam masa pandemi covid-19, juga diatur oleh Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 di mana Pilkades dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan.

Adapun tahapan pilkades antara lain mulai tahap pengumuman, pendaftaran, penjaringan, penetapan calon dan masa pelaksanaan pencoblosan/pemungutan suara.

“Kita berharap kerawanan-kerawanan yang bisa terjadi nantinya pada Pilkades agar tidak terjadi demi terlaksananya pemilihan yang jujur dan adil,” tutupnya.

Baca Juga

Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman