Masyarakat Padang Antusias Ramaikan Festival Sate

Masyarakat Padang Antusias Ramaikan Festival Sate

Festival Sate di Jalan Permindo Padang (Foto: Miftahul Jannah)

Langgam.id - Sebanyak 22 gerobak sate meriahkan Festival Sate di Jalan Permindo Padang. Meski hujan, pengunjung tetap antusias mengunjungi dan mencicipi sate di festival tersebut, Sabtu (16/02/2019).

Stan mulai dibuka pukul 16.00 WIB, pengunjung langsung meramaikan jalan Permindo. Selang waktu dua jam, 10 gerobak sate telah terlihat kosong, semua sate mereka telah habis terjual.

Satu porsi sate, rata-rata dijual seharga Rp10 ribu, jenis sate yang ditawarkanpun bervariasi. Mulai dari sate Kuah Labu, sate Taichan, Sate Lokan ataupun sate Padeh.

Miko Kamal, Pembina Kesatuan Pedagang Jalan Permindo (KPJP) mengatakan, Festival Sate bertujuan untuk mengembalikan citra serta kepercayaan masyarakat terhadap sate. Setelah beberapa waktu yang lalu, adanya oknum menjual sate menggunakan daging babi.

“Sejak persitiwa tersebut, penghasilan pedagang sate menurun,” ujarnya.

Festival Sate tidak hanya menghadirkan sate Padang saja. Namun, sate dari beberapa daerah di Sumbar juga turut hadir. “Kita juga menyediakan sate Pariaman, lalu Sate Danguang-danguang, khas dari daerah Lima Puluh Kota,” jelasnya.

Selain itu, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, jangan klaim semua sate bermasalah, yang menggunakan danging babi itu cuma satu. “Kita sudah prsoes secara hukum oknum yang membuat ulah tersebut,” ujarnya.

Mahyeldi menghimbau, seluruh pedagang sate agar membeli bahan-bahan dari tempat yang aman dan dipastikan memiliki dokumen yang jelas. “Belilah bahan dari tempat yang produknya terjamin serta jelas asal usulnya,” ungkap Mahyeldi.

Dikatakan Mahyeldi, jika menemui hal yang mencurigakan, segera lapor. "Kepada masyarakat kalau menemukan hal-hal yang diluar batas ketentuan tolong sampaikan kepada kami, kami akan tindak sesuai aturan yang berlaku," jelasnya. (Miftahul Jannah/FZ)

Baca juga:

Ayo ke Festival Makan Sate di Padang, Semua Terjamin Halal

Pakai Daging Babi, Tim Gabungan Gerebek Penjual Sate di Simpang Haru

Tangani Kasus Sate Daging Babi, Polisi Periksa 14 Orang

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Seorang pedagang sate di Yogyakarta memiliki wajah mirip musisi ternama Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab dikenal Anji.
Viral karena Mirip Anji, Pedagang Sate di Yogyakarta Ini Ternyata Asal Tanah Datar
Ada Sate Danguang Danguang dalam Penampilan Ulfi di The Voice Kids Indonesia
Ada Sate Danguang Danguang dalam Penampilan Ulfi di The Voice Kids Indonesia
Jelang Keliling Dunia, Raffi Ahmad Santap Sate dan Es Durian di Padang
Jelang Keliling Dunia, Raffi Ahmad Santap Sate dan Es Durian di Padang
Kabur Sebulan, 2 Tersangka Penjual Sate Babi Ditangkap di Bekasi
Kabur Sebulan, 2 Tersangka Penjual Sate Babi Ditangkap di Bekasi
Sate Manang Kabau, Wisata Kuliner Rekomendasi Pemko Padang
Sate Manang Kabau, Wisata Kuliner Rekomendasi Pemko Padang
CFD Khatib Sulaiman
Ragam Sate Masakan Minang Ramaikan Car Free Day Padang