Mantan Rektor IAIN IB Maidir Harun Berpulang

Mantan Rektor IAIN IB Maidir Harun Berpulang

Foto. Dok. UIN Imam Bonjol Padang

Langgam.id - Prof. Dr. Maidir Harun, mantan rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol (IB) Padang berpulang ke Rahmatullah pada Minggu (26/2/2023). Almarhum merupakan rektor ke-12 IAIN IB yang sekarang sudah berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol.

Akun resmi Instagram UIN Imam Bonjol Padang merilis, rektor dan keluarga besar UIN menyampaikan duka yang mendalam atas wafatnya almarhum.

Mengutip buku autobiografi "70 Tahun Prof. Dr. Maidir Harun" (2020), Maidir lahir di Balah Hilir, Nagari Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman pada 10 Juli 1950.

Ia merupakan anak ke-4 dari 10 bersaudara, anak pasangan Harun Nurdin dari Padusunan, Pariaman dan Rosma, asli Lubuk Alung.

Maidir Harun masuk Sekolah Rakyat Teladan di Kota Medan pada 1957, mengikuti orang tuanya yang merantau ke sana. Pada 1962, keluarga Maidir kembali ke Lubuk Alung, sehingga akhirnya ia menyelesaikan pendidikan dasar di Sekolah Rakyat Negeri 2 Lubuk Alung.

Setamat SR, Maidir melanjutkan sekolah ke PGAN 6 Kota Padang mulai 1963 hingga 1968. Setamat PGA, ia melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Imam Bonjol Padang.

Pada 1972, Maidir Harun lulus sarjana muda dan terus melanjutkan hingga jadi doktorandus pada 1977. Setahun sebelum tamat, Maidir Harun menikah dengan Rosnelly pada 1976.

Pada 1978, Maidir Harun diangkat menjadi pegawai negeri sipil dan bertugas sebagai guru Bahasa Arab di PGAN 6 Padusunan, Pariaman. Pada 1979, Maidir Harun lulus beasiswa pendidikan ke Universitas Al Azhar, Mesir.

Selesai kuliah di Mesir pada 1981, Maidir pindah tugas menjadi dosen di IAIN Imam Bonjol. Pada 1989, ia meraih gelar doktor dari IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Setelah menjadi dosen IAIN, Maidir Harun sempat menjabat ketua jurusan, direktur lembaga bahasa, wakil dekan I Fakultas Adab, dekan, pembantu rektor hingga menjadi rektor pada 2001 sampai 2006.

Setelah itu, Prof Maidir Harun sempat ditarik menjadi kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Lektur dan Khazanah Keagamaan Badan Litbang Kementerian Agama RI di Jakarta hingga 2010. Setelah itu, Maidir kembali ke kampus menjadi guru besar.

Baca Juga

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116
UIN Imam Bonjol Padang Gelar Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional ke-116
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati bersama tim mitigasi bencana universitas, dan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian
UIN Imam Bonjol Padang dan Kemenag RI Salurkan Bantuan Kemanusiaan di Sumbar
Tujuh orang dosen muda di UIN Imam Bonjol Padang menerima sertifikat Sertifikasi Dosen (Serdos). Sertifikat Serdos itu diserahkan oleh.
7 Dosen Muda UIN Imam Bonjol Padang Terima Sertifikat Serdos
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menjalin kerja sama dengan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang. Penandatanganan MoU
UIN Imam Bonjol Jalin MoU dengan UPT Asrama Haji Embarkasi Padang
Sebanyak 348 orang mahasiswa hari ini dilantik sebagai wisudawan dan wisudawati UIN Imam Bonjol Padang. Sama seperti hari sebelumnya, hari
Wisuda Hari Ketiga, UIN Imam Bonjol Padang Luluskan 348 Wisudawan
Student Literacy Camp (SLC) merupakan pintu masuk menjadi peserta Student Mobility Program (SMP). Peserta terbaik SLC 2024, bila memenuhi
Ikut Seleksi SLC, Rebut Peluang ke Luar Negeri