Maling Menyamar Jadi Mahasiswi di UNP: Gasak Tas Wakil Dekan, Akhirnya Ditangkap

Maling Menyamar Jadi Mahasiswi di UNP: Gasak Tas Wakil Dekan, Akhirnya Ditangkap

Ilustrasi pencuri. (Gambar: Ricarda Mölck/pixabay.com)

Langgam.id - Polisi menangkap seorang perempuan berinisial MR (37) yang menyamar sebagai mahasiswi untuk melancarkan aksi pencuriannya di Universitas Negeri Padang (UNP). Tas milik Wakil Dekan 1 Fakultas Perhotelan dan Pariwisata UNP, Yuliana, raib dibawa kabur.

Aksi pelaku sebelumnya terekam CCTV di area kampus hingga viral. Dari rekaman terlihat pelaku masuk ke ruangan wakil dekan saat korban sedang melangsungkan salat.

Kapolsek Padang Utara AKP Mazwanda mengatakan, pelaku terdeteksi setelah dilakukan penyelidikan melalui melacak IME handphone yang dicuri.

"Terindikasi dari keberadaan pelaku berada di daerah Ulak Karang dan setelah itu berpindah ke daerah Kuranji," ujar Mazwanda, Minggu (15/1/2023).

Selanjutnya Mazwanda memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengintaian di seputaran rumah terduga pelaku. Pada Sabtu (14/1/2023) seorang warga melihat sebuah tas yang terletak di dalam Musala Baitul Taqwa Anduring, Kecamatan Kuranji.

"Warga curiga, tas tersebut sama persis dan (termasuk) warnanya dengan video yang beredar di media sosial," ujarnya.

Warga berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas. Setelah sampai di lokasi, Kanit Reskrim Iptu Eddy Saputra mengamankan barang bukti dan melakukan interogasi kepada warga di seputaran lokasi.

Kemudian didapat keterangan dari salah satu warga yang mana ada satu nama yang muncul diduga sebagai dari pelaku yang mirip dengan Rekaman CCTV yang viral media sosial.

"Seiring waktu, anggota Reskrim Polsek Padang Utara menuju tempat tinggal terduga pelaku. Suami merasa resah karena viralnya perbuatan istrinya di medsos. Selanjutnya menyerahkan pelaku kepada kami," katanya.

Sementara itu, Sekretaris UNP Erian Joni menyebutkan, pelaku berlagak seperti mahasiswi masuk ke area kampus dengan pakaian sopan memakai hijab serta mengunakan masker. Sementara tas korban berada di kursi.

"Diketahui di dalam tas berisi uang sekitar Rp15 juta, handphone serta laptop," tuturnya. (*/SS)

Baca Juga

Vokalis Red Hot Chili Peppers ke Mentawai, Bikin Tato ?
Vokalis Red Hot Chili Peppers ke Mentawai, Bikin Tato ?
Meski masa libur Lebaran 2024 telah selesai, namun tiket bus jurusan Padang-Jakarta untuk tanggal keberangkatan 19-20 April tetap habis
Berikut Tiket Bus Padang-Jakarta yang Masih Tersedia pada 21-23 April 2024
Dua pelaku pencurian yang pada medio Maret 2024 lalu berhasil ditangkap Sat Reskrim Polres Payakumbuh pada Senin (15/4/2024) sekitar pukul
Kupak Rumah Warga, Dua Pria Diringkus Polres Payakumbuh
Berita terbaru dan terkini hari ini: Teja Paku Alam dinobatkan sebagai kiper terbaik atau the best goal keeper oleh APPI Indonesia 11 2022.
Teja Paku Alam Dilirik Semen Padang FC, Begini Tanggapannya
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Jalur Padang Panjang-Bukittinggi tidak bisa dilewati kendaraan akibat banjir lahar dingin yang terjadi di Aia Angek, Kecamatan X Koto,
Banjir Lahar Dingin Tutup Badan Jalan, Jalur Padang Panjang-Bukittinggi Tak Bisa Dilewati