Longsor di Pinggir Danau Maninjau Jelang Tengah Malam, Akses Jalan Terputus

Longsor di Pinggir Danau Maninjau Jelang Tengah Malam, Akses Jalan Terputus

Petugas BPBD Agam memeriksa jalan yang tertimpa longsor di Nagari Tanjun Sani pada Kamis (18/7/2019) malam. (Foto: BPBD Agam)

Langgam.id - Akibat curah hujan yang cukup tinggi, dua jorong di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam yang terletak di pinggir Danau Maninjau, dilanda longsor pada Kamis (18/7/2019) malam.

"Akibatnya, akses jalan yang menghubungkan antara kedua jorong terputus sejak tadi malam," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Wahyu Bestari, saat dihubungi Langgam.id, Jumat (19/7/2019).

Di Jorong Pandan, menurutnya, air Banda Kayu Pakak meluap ke jalan dan membawa material lumpur. Selain itu, tanah longsor menutupi akses jalan sebanyak dua titik.

"Titik pertama sepanjang 100 meter tinggi 1-1,5 meter. Material longsor membawa material kayu dan batu. Titik kedua sepanjang 50 meter tinggi 1-1,5 meter, membawa material kayu dan batu."

Sementara, di Jorong Galapuang, material longsor manutupi akses jalan sepanjang 80 meter setinggi 1-2 meter.

Menurutnya, bencana tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan mengenai rumah penduduk. "Tapi, menutup akses jalan. Hingga Jumat pagi masih terputus," kata Wahyu.

Untuk membantu masyarakat melewati akses, tim BPBD, menurutnya membantu menyeberangkan dengan kapal melalui Danau Maninjau. "Tadi kita bantu untuk anak-anak yang akan sekolah dan masyarakat yang akan bekerja menyeberang."

Sementara, untuk membersihkan jalan yang tertimpa longsor, BPBD sudah meminta bantuan alat berat dari PUPR. "Sudah mulai bekerja pagi ini dan juga ada yang dalam perjalanan," ujarnya. (*/HM)

Baca Juga

Gudang Kain di Bukittingi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1 Miliar
Libur Lebaran di Agam, 3 Peristiwa Kebakaran 1 Orang Meninggal Dunia
Pemkab Agam Gelar Apel Gabungan Pasca Libur Idul Fitri, Pastikan Pelayanan Kembali Optimal
Pemkab Agam Gelar Apel Gabungan Pasca Libur Idul Fitri, Pastikan Pelayanan Kembali Optimal
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Pawai Obor Daruak Daram Hangatkan Malam Jelang Lebaran di Lubuk Basung
Kepala BPBD Agam, Budi Prawiranegara mengatakan bahwa banjir bandang lahar dingin yang melanda Kecamatan Candung dan Kecamatan Sungai
Dampak Banjir Lahar Dingin di Agam: Jalan Pertanian Putus hingga Warga Harus Dievakuasi
Kapolresta Bukittinggi, Kombes Pol Yessi Kurniati meninjau lokasi musibah banjir lahar dingin aliran Gunung Marapi di Bukit Batabuah,
Antisipasi Banjir Lahar Dingin, Polres Bukittinggi Koordinasi dengan BPBD Agam
Banjir lumpur melanda daerah Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, pada Jumat (5/4/2024). Sejumlah pemukiman penduduk dan
Banjir Lahar Dingin Terjang Bukit Batabuah dan Sungai Pua, Agam