Lapor dan Upiak, Cara Pemkot Pariaman Dengarkan Aduan Masyarakat

Langgam.id - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatra Barat meluncurkan program Lapor dan Upiak guna mendengarkan aduan maupun saran secara langsung dari masyarakat.

Dikutip dari halaman Pariamankota.go.id, Selasa (15/1/2019), Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Pariaman, Nazifah mengatakan untuk menerima keluhan dan masukan itu pihaknya menggunakan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dan Unit Pelayanan Informasi Advokasi dan Keluhan (UPIAK).

"Lapor dan Upiak merupakan aplikasi yang menfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan keluhan, pertanyaan, informasi, maupun usul atau saran guna pengembangan pelayanan dan pembangunan Kota Pariaman," kata Nazifah.

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan, pertanyaan dan aduan bisa langsung mengirim sms ke aplikasi LAPOR dengan cara mengirim sms dengan mengetik pariamankota (spasi) aduan yang disampaikan dan kirim ke 1708.

Selain itu juga bisa ke aplikasi UPIAK dengan cara mengirim sms dengan mengetikkan aduannya dan mengirim ke nomor 08116617275.

Sekalipun tergolong baru, tapi usulan dan informasi dari masyarakat sudah mulai berdatangan dan sudah ditangani oleh OPD terkait.

Melalui layanan tersebut, pihaknya jadi lebih mudah untuk menganalisa aduan masyarakat, karena semua sudah terkumpul dalam aplikasi.

"Semoga dengan adanya layanan ini pelayanan publik di Kota Pariaman semakin lebih baik, katanya.(SR)

Baca Juga

Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023