Kuliah Umum di Unand, Ustaz Abdul Somad Ingatkan Pentingnya Toleransi

Kuliah Umum di Unand, Ustaz Abdul Somad Ingatkan Pentingnya Toleransi

Kuliah Umum Ustaz Abdul Somad di Unand. [Foto: Dok Humas Unand]

Langgam.id - Ustaz Abdul Somad mengingatkan pentingnya menjaga toleransi antar umat beragama dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

Prof. Abdul Somad, Lc., D.E.S.A., Ph.D atau yang akrab disapa UAS, ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-66 Universitas Andalas dengan memberikan kuliah umum bertajuk “UNAND Bersyukur” pada Senin (7/11/2022) di Auditorium Unand, Limau Manis.

UAS mengangkat tema dengan bahasan yang diangkat adalah “Menjalin Ukhuwah Islamiyah dalam Wawasan Kebangsaan”. Topik tersebut sengaja dipilih untuk memberikan ruang pembahasan mengenai sikap berbangsa dan beragama yang sarat akan isu toleransi, dari sisi pandang seorang muslim.

UAS menekankan pentingnya menjaga toleransi antar umat beragama, yang hal tersebut sudah dicontohkan sendiri oleh Rasulullah.

"Nabi Muhammad memiliki keluarga dari kaum Yahudi, yaitu keluarga dari istrinya yang bernama Sofiyah, dan salah satu anak yang diberikan padanya berasal dari keluarga Kristen (Nasrani)," kata Somad.

Dalam piagam Madinah pada masa lalu yang berisi mengenai kewajiban seluruh agama untuk bersama-sama menjaga kota Madinah juga merupakan bentuk toleransi umat beragama yang dapat dicontoh saat ini.

“Dalam Islam sudah diatur, yaitu 'untukmu agamamu dan untukku agamaku', Pada sejarahnya pun, Nabi Muhammad SAW pernah membolehkan salah satu umatnya untuk bekerja dengan orang Yahudi, selagi itu tidak berkaitan dengan aqidah,” ujarnya.

UAS juga membacakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ditulis oleh peserta kuliah umum. Mulai dari pertanyaan mengenai jodoh, praktek bersekutu dengan jin (santet), hingga demokrasi di Indonesia.

Sempat menyinggung soal radikalisme, ia pun menekankan, bahwa kehadirannya di Unand menjadi bukti bahwa dirinya bukan pihak radikal dan merupakan orang yang menginginkan perdamaian di Indonesia, sekaligus menyangkal rumor yang sempat menerpa dirinya.

Kuliah umum ini dihadiri oleh keluarga besar Universitas Andalas, mulai dari dosen, tenaga kependidikan, hingga mahasiswa, serta masyarakat umum. Ribuan peserta memenuhi Auditorium Unand mendengarkan kuliah umum kali ini.

--

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Rektor Universitas Andalas (UNAND) Efa Yonnedi memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ajaran baru
Rektor UNAND Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT
Universitas Andalas (Unand) akan menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Unand Buka Program Doktor Ilmu Akuntasi, Tahun Ini Terima Mahasiswa Baru
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Langgam.id - Lembaga SURI menggelar pameran Pemanfaatan Iluminasi Naskah Kuno Menjadi Motif Kain Minangkabau di Unand.
53 Proposal PKM UNAND Lolos Pendanaan Kemendikbudristek
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara
Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) saat ini sudah dilengkapi dengan peralatan yang canggih. Selain itu, rumah sakit ini juga didukung
Cegah Pasien Berobat Keluar Negeri, Ini Upaya yang Dilakukan RS Unand