Kloter Pertama Haji Embarkasi Padang Berangkat 12 Mei 2024

kloter pertama jemaah haji Embarkasi Padang akan berangkat ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024 mendatang. Sebelum diberangkatkan, para jemaah

Keberangkatan JCH Embarkasi Padang ke Tanah Suci. (Foto: Dok. Kemenag Sumbar)

Langgam.id - Kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Embarkasi Padang akan berangkat ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024 mendatang. Sebelum diberangkatkan, para jemaah haji diinapkan dulu di Asrama Haji Tabing.

Jelang keberangkatan jemaah haji Embarkasi Padang tersebut, Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) terus melakukan persiapan dan mitigasi semua persoalan yang mungkin muncul dalam proses penyelenggaran ibadah haji.

Yaitu melaksanakan rapat Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) Embarkasi yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin didampingi Ketua Dharma Wanita, Rosnimar Yudin sekaligus Koordinator Konsumsi, seluruh Kepala Bidang dan seluruh P3IH, Jumat (19/4/2024).

"Kloter perdana jemaah haji Sumbar akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Madinah, tanggal 12 Mei 2024 mendatang," ujar Mahyudin dalam rapat tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa Embarkasi Padang akan memberangkatkan 6. 592 orang jemaah haji tahun ini. Yaitu dengan rincian, 4.806 di antaranya jemaah Sumbar, 1.702 jemaah Bengkulu.

"Jemaah ini akan diterbangkan dalam 17 kloter (kelompok terbang) menggunakan pesawat Garuda Indonesia. 12 kloter jemaah Sumbar, 4 kloter jemaah Bengkulu ditambah 1 kloter jemaah gabungan," bebernya.

Mahyudin menyebutkan, bahwa dari 17 kloter ini, 9 kloter akan diterbangkan dalam fase gelombang 1 dengan rute Padang-Madinah. Kemudian 8 kloter fase gelombang 2 dengan rute Padang-Jeddah.

Untuk itu, kepada seluruh Pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (P3IH) Embarkasi Padang, Kakanwil berpesan untuk melayani jemaah dengan sebaik-baiknya.

"Tahun ini tageline pelayanan jemaah haji masih haji ramah lansia. Saya berharap kita semua memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah terutama jemaah lansia. Pastikan mereka mendapatkan fasilitas sesuai dengan kondisi mereka," harapnya.

Untuk itu, Mahyudin juga meminta kepada seluruh panitia untuk mempersiapkan SOP di masing-masing seksi supaya protap pelayanan jemaah haji berjalan sebagaimana mestinya.

Tahun 2024 ini, Embarkasi Padang akan memberangkatkan dan memulangkan jemaah haji dari Asrama Haji yang terletak di Tabing Padang. (*/yki)

Baca Juga

CJH Kloter 7 Embarkasi Padang diberangkatkan ke Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Minggu (19/5/2024)
Meninggal Dunia, Satu CJH Kloter 7 Embarkasi Padang Gagal Berangkat ke Tanah Suci
Sebanyak 1.936 jemaah haji Embarkasi Padang yang tergabung dalam lima kloter sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Jemaah haji asal Sumbar
1.936 Jemaah Haji Embarkasi Padang sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci
Jemaah Haji Diminta Waspada Cuaca Panas di Madinah, Hindari Kaki Melepuh dan Heatstroke
Jemaah Haji Diminta Waspada Cuaca Panas di Madinah, Hindari Kaki Melepuh dan Heatstroke
Suasana Haru Lepas Keberangkatan 386 JCH di Padang
Suasana Haru Lepas Keberangkatan 386 JCH di Padang
Kloter 1 jemaah haji Embarkasi Padang 1445 Hijriah/2024 bersiap untuk menuju ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.
Dimulai Besok, Ini Jadwal Pemberangkatan Kloter 1 Jemaah Haji Embarkasi Padang
Sebanyak 554 kelompok terbang (kloter) sudah terbentuk dan tervisa sesuai dengan jumlah kuota jemaah haji Indonesia.Diketahui pada tahun ini
554 Kloter Tervisa, Jemaah Haji Indonesia Siap Diberangkatkan Mulai 12 Mei