Kini Pariaman Punya Festival Malam Minggu

Kini Pariaman Punya Festival Malam Minggu

Foto: Humas Kota Pariaman

Langgam.id - Walikota Pariaman Genius Umar resmi meluncurkan Pariaman Nite Fest pertama di Kota Pariaman, Sabtu (14/3) malam. Iven Pariaman Nite Fest ini nantinya akan digelar tiap minggu di Rumah Tabuik Subarang dengan penampilan dari sanggar-sanggar seni, pasar kuliner, bazar produk UKM, ekonomi kreatif dan talkshow yang langsung disiarkan dari radio setempat.

“Malam ini kita melihat tampilan yang berbeda dari rumah tabuik subarang, biasanya malam hari terlihat gelap dan sepi tapi sekarang penuh dengan lampu berwarna warni," ungkap Genius.

Dia menambahkan, melihat penampilan anak-anak muda yang kreatif dari komunitas Darak Badarak dan Sanggar Mustika Minang Duo, adalah suatu hal yang sangat luar biasa dan menghibur.

Lebih lanjut, Genius mengajak kelompok seni yang di Kota Pariaman tersebut, bukan saja giat latihan di sanggarnya masing-masing, tapi juga sekali-kali latihan di rumah tabuik pasa dan subarang.

“Kita sediakan wadahnya di Pariaman Nite Fest ini, tampilkan karya-karya terbaiknya di sini," imbuhnya lagi.

Genius menambahkan kelompok seni ini harus di apresiasi, karena apresiasi tersebut bagi mereka adalah suatu penghargaan yang luar biasa dan tentu dapat menjadi motivasi bagi grup-grup seni tersebut.

“Menurut saya pelaku seni tersebut tidak hanya memadang sudut materinya saja, tapi lebih dari mereka butuh apresiasi terhadap karya seni yang mereka tampilkan,“ tegasnya.

Dikatakannya, Kota Pariaman ialah kota tujuan wisata, pastinya secara rutin dinas terkait dapat memfasilitasi iven tersebut untuk bisa menjadi tontonan bagi wisatawan yang datang kemari.

"Kita berharap Kota Pariaman akan melaju menuju daerah tujuan wisata, ini akan mampu mengangkat ekonomi masyarakat kita. Kita telah banyak membangun infrastruktur pariwisata water front city, penataan kota dan pulau yang tujuannya untuk melengkapi berbagai infrastruktur pariwisata tersebut," tandasnya..

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian menyatakan Pariaman Nite Fest ini akan kita laksanakan setiap minggunya di pelataran rumah tabuik subarang ini.

“ Kegiatan ini kita gagas agar karya-karya seni yang ada di Kota Pariaman bisa ditampilkan dis ini," terangnya.

Selain itu, lanjut alfian untuk memberikan kesempatan bagi sanggar kesenian didalam maupun di luar Kota Pariaman, agar mereka memberikan kontribusinya dalam acara ini demi menambah spot keramaian setiap malam minggu sehingga masyarakat memiliki hiburan yang positif.

Generasi muda pun dapat melihat bagaimana budaya dan apa saja kesenian yang ada di Kota Pariaman ini.

Alfian juga menjelaskan, selain menampilkan sanggar-sanggar, Pariaman Nite Fest ada pasar kuliner, bazar produk unggulan UKM dan ekraf yang bekerjasama dengan Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman serta talkshow yang langsung disiarkan dari radio Dhara FM.

Diharapkan Pariaman Nite Fest ini dapat menjadi wadah berkumpulnya anak-anak muda Kota Pariaman sehingga bisa lebih kreatif dan berkarya di tengah-tengah masyarakat.

Hadir Plh Sekdako Pariaman Fadli, Ketua PKK Kota Pariaman Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman Indriati Mardison, Forkopimda, SKPD, camat, kepala desa/lurah se Kota Pariaman.  (Inforial)

Baca Juga

Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023