Kereta Api Padang-Pariaman Kembali Aktif 1 Agustus, PT. KAI Periksa Jalur

Kereta Api Padang-Pariaman

Jajaran Divre (Divisi Regional) II PT KAI Sumatra Barat (Sumbar), memeriksa jalur kereta dari Stasiun Kuraitaji ke Stasiun Pariaman dengan menggunakan lori. (Foto: Kominfo Kota Pariaman)

Langgam.id - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Sibinuang jurusan Padang-Pariaman mulai Sabtu (1/8/2020), sehari setelah Idul Adha. Untuk persiapan itu, jajaran Divre (Divisi Regional) II PT KAI Sumatra Barat (Sumbar), memeriksa jalur kereta dari Stasiun Kuraitaji ke Stasiun Pariaman dengan menggunakan lori, Rabu (29/7/2020).

Kepala Divisi Regional II PT KAI Sumbar Insan Kesuma yang memimpin pemeriksaan itu mengatakan, pengecekan jalur perlu dilakukan karena lama tidak dilalui. Setelah pandemi pandemic Covid-19, PT KAI menutup layanan keberangkatan kereta api jurusan Padang-Pariaman sejak 25 April 2020 yang lalu.

“Hari ini kami menjajal jalur kereta api dari Stasiun Kuraitaji ke Stasiun Pariaman yang terletak di kawasan wisata Pantai Gandoriah, dengan menggunakan lori Dresin Inspeksi sebelum kita mengaktifkan kembali Kereta Api Sibinuang dari Kota Padang ke Kota Pariaman pada 1 Agustus mendatang,” katanya, sebagaimana dirilis situs resmi Pemko Pariaman.

Baca Juga: Kereta Api Sibinuang Segera Beroperasi Bulan Agustus

Menurutnya, PT KAI akan mengoperasikan kembali perjalanan kereta api di wilayah Divisi Regional II Sumatera Barat. "Pemberangkatan tetap seperti biasa, yaitu sama seperti sebelumnya yakni sebanyak 8 kali perjalanan (pulang-pergi),” ujarnya.

Insan mengatakan, hal ini sesuai permintaan banyak pihak. Serta, antusiasme masyarakat untuk menikmati kembali transportasi kereta api yang menjadi favorit masyarakat Padang dan Pariaman ini.

“Kita juga mengakomodir permintaan Pemko Pariaman untuk mendukung pengembangan destinasi wisata di Kota Pariaman. Khususnya Pantai Gandoriah yang merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat diminati masyarakat Sumatera Barat,” tuturnya.

Mulai tanggal 1 Agustus 2020 mendatang, PT KAI akan kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Sibinuang relasi Padang – Pariaman - Naras.

Sebelumnya, Kepala Humas PT KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. Reza Fahlepi mengatakan, di tahap awal, perjalanan kereta api yang akan beroperasi adalah KA Sibinuang relasi Padang-Pariaman-Naras. Frekuensi perjalanan sama seperti sebelumnya yakni sebanyak 8 kali perjalanan (pulang-pergi).

Tiket KA dapat mulai dipesan melalui aplikasi KAI Access, maupun channel penjualan tiket KA terdekat mulai H-7 sampai 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show, yaitu 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA Sibinuang. "Saat ini KAI hanya menjual tiket KA Sibinuang sebanyak 70 persen dari kapasitas yang tersedia," ujar Reza. (*/SS)

Baca Juga

Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Satu unit truk tersangkut di jembatan rel kereta api di kawasan Lembah Anai.
BTP Padang Kaji Reaktivasi Jalur Kereta Kayu Tanam-Bukittinggi
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman