Kapolda: Sumbar Tergolong Aman, Namun Ancaman Konflik Tetap Ada

Kapolda: Sumbar Tergolong Aman, Namun Ancaman Konflik Tetap Ada

Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal memeriksa pasukan peserta apel pengamanan pemilu. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Irjen Pol Fakhrizal, mengatakan Sumatra Barat (Sumbar) tergolong aman dari konflik selama menghadapi pemilu di Indonesia. Meski demikian, potensi konflik tetap ada. Sehingga, masyarakat diminta tidak mengabaikan keamanan.

Hal tersebut ia sampaikan setelah mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata TNI dan Polri bersama stakeholder dan masyarakat, di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Jumat, (22/3/2019).

"Sampai saat ini Alhamdulillah, kita bersyukur. Dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia, kita Sumatra Barat termasuk di bawah. Jadi termasuk sangat kondusif daerah kita," katanya kepada wartawan.

Walau termasuk aman, Kapolda tetap mengajak masyarakat tidak mengabaikan keamanan saat pemilu nanti. Sebab ancaman konflik bisa saja ada.

Ia mengatakan, TNI dan Polri sebagai pengamanan akan melakukan penindakan secara tegas, apabila menemukan pelanggaran. Pihaknya akan melakukan penindakan sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada.

"Kita tidak boleh juga underestimate. Yang jelas kita semua harus siap untuk memgamankan," ujar Fakhrizal.

Senada dengan Kapolda, Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, saat menghadiri Apel Gelar Pasukan menyebut Sumbar tidak ada masalah atau konflik dalam menggelar pemilu.

"Pihak TNI dan Polri sudah siap mengamankan semuanya. Mudah-mudahan nanti tidak terjadi apa-apa. Insya Allah kita hadapi pemilu dengan tenang, jujur, dan adil," katanya.

Mengenai adanya ancaman di daerah yang memiliki potensi konflik pemilu, Wagub mengatakan polisi sudah mengetahui.

"Pihak Polri sudah tahu itu, dimana yang rawan dan dimana yang tidak, Sudah ada kajian semuanya. Mudah-mudahan semua aman, tidak ada konflik," tuturnya. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Polda Sumbar melaksanakan upacara serah terima jabatan (sertijab) beberapa Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres di jajaran Kepolisian Daerah
Kapolda Sumbar Pimpin Sertijab 4 Pejabat Utama dan 6 Kapolres
Polda Sumbar menggelar (rakor lintas sektoral dalam rangka persiapan Operasi Lilin Singgalang 2023. Rencananya, Operasi Lilin Singgalang ini
Kapolda Sumbar Sebut 5 Potensi Kerawanan Hadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024
Patgulipat Koperasi Sawit di Air Bangis
Patgulipat Koperasi Sawit di Air Bangis
Masyarakat Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, yang melakukan demonstrasi di depan kantor Gubernur, melayangkan delapan tuntutan
Ini Tuntutan Masyarakat Air Bangis Kepada Gubernur dan Kapolda Sumbar
Kapolda: Perayaan Natal di Sumbar Aman, Tahun Baru Tak Diizinkan Konvoi
Kapolda: Perayaan Natal di Sumbar Aman, Tahun Baru Tak Diizinkan Konvoi
Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang
Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang