Kapolda Sumbar: Penerimaan Anggota Polri Harus Bersih dan Jujur

Kapolda Sumbar: Penerimaan Anggota Polri Harus Bersih dan Jujur

Antraksi terjun payung yang digelar dalam acara pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas penerimaan calon anggota polri 2019 (Foto: Humas Polda Sumbar)

Langgam.id – Menghadapai revolusi industri 4.0, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat dorong penerimaan terpadu anggota polri 2019 bersih, jujur dan berkeadilan, Minggu (24/03/2019).

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal menyebutkan, saat ini, data keseluruhan personel polri, 47,8 persen terdiri dari generasi milenial.

“Ini merupakan era dimana internet dan teknologi menjadi penghubung untuk mengintegrasikan manusia. Berbagai aplikasi, mesin canggih dan aturan membentuk rantai nilai yang cerdas, terhubung dan tangkas,” ujarnya dalam sambutan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan terpadu calon anggota polri 2019, Minggu (24/03/2019).

Jadi, kata Fakhrizal, menghadapi hal itu, untuk membentuk profesionalisme dan tegak berdirinya organisasi polri, Sumber Daya Manusia (SDM) harus dikelola dengan baik.

“SDM merupakan aset utama kita. Pengelolaan sumber daya polri harus bersih, jujur dan berkeadilan, mulai dari hulu pada tahap rekrutmen sampai hilir,” jelasnya.

Lampiran Gambar

Foto bersama usai pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas penerimaan calon anggota polri 2019 (Foto: Humas Polda Sumbar)

Selain itu, penerimaan angota Polri, harus Clear and Clean (CnC). “Pembinaan SDM juga diarahkan pada terwujudnya sumber daya yang berprestasi dan inovatif,” ungkapnya.

Menurut Fakhrizal, Pengambilan Sumpah, Pengucapan dan Penandatanganan Pakta Integritas dengan konsep On The Road (PINTER POLRI 2019) dapat menjadi pegangan dikemudian hari.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat bahwa seleksi penerimaan calon anggota polri dilaksanakan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Fakhrizal berpesan kepada panitia, peserta dan orang tua/wali peserta seleksi mempunyai komitmen yang sama untuk tidak melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Sedangkan, penerimaan anggota polri 2019, katanya, terdiri dari beberpa tahap.

“Penerimaan diawali di tingkat panitia, terdiri dari pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, pemeriksaan psikologi tahap I, uji kemampuan jasmani dan athropometri serta uji akademik,” ucapnya.

Lalu, akan dilanjutkan dengan tes kompetensi keahlian bagi bintara kompetensi khusus, pemeriksaan kesehatan tahap II, Penelusuran Mental Kepribadian (PMK), pemeriksaan psikologi tahap II dan pemeriksaan administrasi akhir.

“Setelah itu akan ditutup dengan sidang terbuka penentuan kelulusan akhir di tingkat panda,” jealsnya.

Selanjutnya, mereka yang dinyatakan lulu serta memenuhi sayarat, akan mengikuti seleski di tingkat pantia pusat, khususnya untuk seleksi Taruna Akpol. “Untuk Bintara dan Tamtama Polri, mereka akan melanjutkan pendidikan Dipusdik/SPN,” kata Fakhrizal.

Berikut syarat pendaftaran di Polda Sumbar dan rincian kuota, yang akan berakhir 22 Maret 2019:

  1. Akpol: 262 orang (Pria 242 dan Wanita 20 orang)
  2. Bintara PTU: 011 orang (Pria 3.297 dan wanita 714 orang)
  3. Bintara Kompetisi Khusus: 179 orang (Pria 154 dan Wanita 25 orang)
  4. Tamtama: 193 pria

(*/FZ)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Kapolda: Perayaan Natal di Sumbar Aman, Tahun Baru Tak Diizinkan Konvoi
Kapolda: Perayaan Natal di Sumbar Aman, Tahun Baru Tak Diizinkan Konvoi
Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang
Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang
Langgam.id - Kapolda Sumbar yang baru, Irjen Pol Suharyono Kunjungan Kerja (Kunker) untuk yang pertama kalinya ke Polresta Padang.
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono Kunjungi Polresta Padang, Ini Tujuannya
Langgam.id - Ketua LKAAM Sumatra Barat (Sumbar), Fauzi Bahar bersama pengurus menemui Kapolda Sumbar yang baru, Irjen Pol Suharyono.
Pengurus LKAAM Temui Kapolda Sumbar yang Baru, Sebut Sangat Cocok dengan Ranah Minang
Kapolda Sumbar Diskusi dengan Pakar Komunikasi Soal Pemulihan Citra Polri
Kapolda Sumbar Diskusi dengan Pakar Komunikasi Soal Pemulihan Citra Polri
Alasan Irjen Suharyono Sujud Syukur Saat Tiba di Sumbar: Ranah Minang Begitu Religius
Alasan Irjen Suharyono Sujud Syukur Saat Tiba di Sumbar: Ranah Minang Begitu Religius