Kapolda Sumbar Diganti Lagi, Irjen Rusdi Pindah ke Jambi

Langgam.id - Kapolri kembali mengeluarkan surat telegram usai keterlibatan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dalam kasus peredaran narkoba.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Rusdi Hartano. [Dok. Polri]

Langgam.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali mengeluarkan surat telegram usai keterlibatan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra dalam kasus peredaran narkoba.

Karena kasus itu, Teddy akhirnya batal menjadi Kapolda Jawa Timur. Kapolda Jawa Timur akan diisi oleh Irjen Pol Toni Harmanto yang merupakan Kapolda Sumatra Selatan.

Surat telegram itu juga mengubah posisi Kapolda Sumbar yang baru, rencananya akan dijabat oleh Irjen Pol Rusdi Hartano. Rusdi akhirnya ditempatkan sebagai Kapolda Jambi.

Sementara itu, Kapolri menunjuk Irjen Pol Suharyono sebagai Kapolda Sumbar. Suharyono sebelumnya perwira tinggi Polri yang ditugaskan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebelumnya, publik dihebohkan dengan kasus peredaran narkoba yang yang melibatkan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra. Tidak hanya itu, AKBP Dody yang merupakan mantan Kapolres Bukittinggi juga tersangkut.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo membenarkan adanya penangkapan anggota polisi yang terlibat kasus narkoba.

Menurut Sigit, kasus itu berawal dari pengungkapan kasus narkoba yang dilaporkan masyarakat, kemudian dilakukan pengembangan, kasus itu mengarah pada anggota polisi berpangkat Bripka.

"Terus dikembangkan, juga mengarah kepada anggota polisi berpangkat Kompol. Atas dasar tersebut, kemudian berkembang kepada seorang pengedar, dan kemudian mengarah pada personel oknum anggota Polri yang berpangkat AKBP, mantan kapolres,” ujar Sigit.

Baca juga: Profil Singkat Irjen Rusdi, Kapolda Sumbar yang Baru Pengganti Teddy

Dari situ, sebut Sigit, pihaknya melihat ada keterlibatan Irjen TM. “Atas dasar tersebut, kita perintahkan Kadivpropam untuk menjemput dan memeriksa Irjen TM," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Polda Sumbar melaksanakan upacara serah terima jabatan (sertijab) beberapa Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres di jajaran Kepolisian Daerah
Kapolda Sumbar Pimpin Sertijab 4 Pejabat Utama dan 6 Kapolres
Polda Sumbar menggelar (rakor lintas sektoral dalam rangka persiapan Operasi Lilin Singgalang 2023. Rencananya, Operasi Lilin Singgalang ini
Kapolda Sumbar Sebut 5 Potensi Kerawanan Hadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru 2024
Patgulipat Koperasi Sawit di Air Bangis
Patgulipat Koperasi Sawit di Air Bangis
Masyarakat Air Bangis, Kabupaten Pasaman Barat, yang melakukan demonstrasi di depan kantor Gubernur, melayangkan delapan tuntutan
Ini Tuntutan Masyarakat Air Bangis Kepada Gubernur dan Kapolda Sumbar
Kapolda: Perayaan Natal di Sumbar Aman, Tahun Baru Tak Diizinkan Konvoi
Kapolda: Perayaan Natal di Sumbar Aman, Tahun Baru Tak Diizinkan Konvoi
Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang
Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang