Kadisnakertrans Sumbar: 94 Persen Pekerja Migran Minang Adalah Perempuan

Kadisnakertrans Sumbar, Nizam Ul Muluk mengatakan bahwa saat ini perantau Minang tidak lagi didominasi oleh laki-laki, namun perempuan.

Kadisnakertrans Sumbar, Nizam Ul Muluk. [foto: Facebook Nizam Ul Muluk]

Langgam.id - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Sumbar, Nizam Ul Muluk mengatakan bahwa saat ini perantau Minang tidak lagi didominasi oleh laki-laki, namun perempuan.

"Kondisi dan ironisnya sekarang, 94 persen pekerja migran asal Minang adalah perempuan," ucap Nizam dilansir dari infopublik.id, Rabu (1/5/2024).

Menurut Nizam, banyaknya perempuan yang bekerja di luar negeri sudah menyalahi adat Minang. Laki-laki di Minang adalah perantau. Namun kini berbanding terbalik, justru perempuan yang memilih merantau.

"Ada cerita menarik, ketika Dewi (nama pinjaman) ditanyai cita-citanya. Dewi menjawab ingin jadi dokter. Ketika laki-laki ditanya apa cita-citanya, lelaki pun menjawab ingin menjadi suaminya Dewi. Artinya kini, laki-laki memilih jadi bapak rumah tangga, istri yang bekerja," beber Nizam.

Ia mengharapkan agar laki-laki menjadi pemimpin di rumah tangga. Di saat minimnya lapangan pekerjaan, laki-laki memutar otak agar mendapat pekerjaan yang layak.

"Saat ini pemerintah telah membuka pendaftaran bagi mereka yang ingin bekerja ke luar negeri," ujar Nizam.

Pemerintah terang Nizam, membuka pendaftaran bagi pencari kerja yang ingin menjadi pekerja migran. Dua negara siap menampung lulusan D-III dan S-I Keperawatan lewat program G to G. Negara itu yakni Jepang dan Jerman.

"Jika berminat untuk mencari informasi dan mendaftar, silahkan datangi Kantor Disnakertrans Pemprov Sumbar atau Disnakerin Kota Padang," kata Nizam. (*/yki)

Baca Juga

IKPS Riau Dirikan Posko Kemanusian Galang Bantuan ke Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan
IKPS Riau Dirikan Posko Kemanusian Galang Bantuan ke Warga Terdampak Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan
Sepanjang 2023, Pemko Padang Berangkatkan 170 Pekerja Migran ke Luar Negeri
Sepanjang 2023, Pemko Padang Berangkatkan 170 Pekerja Migran ke Luar Negeri
Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani mengawal langsung pelepasan 419 Pekerja Migran Indonesia (PMI)
Kepala BP2MI Kawal Langsung Pelepasan 419 PMI dari Senayan-Bandara Soekarno Hatta
Perayaan Migrants Day 2023 digelar Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (18/12/2023)
Kepala BP2MI Curhat Terkait Persoalan Pekerja Migran Indonesia Dihadapan Wapres
Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani melakukan pembekalan dan pelepasan terhadap pekerja migran Indonesia
Cerita Benny Rhamdani yang Selalu Terbuka ke Publik Soal Gajinya Selama Jadi Pejabat
Wakil Ketua Majelis Permusyrawatan Rakyat (MPR RI) Bidang Sosialisasi Empat Pilar Ahmad Basarah memuji program pelayanan yang diberikan oleh
BP2MI Berikan Program Pembekalan kepada Ribuan Calon PMI, Wakil Ketua MPR RI Apresiasi