Jorong di Pasaman Barat Masuk Nominasi Nasional untuk Lingkungan Bersih dan Sehat

Jorong di Pasaman Barat Masuk Nominasi Nasional untuk Lingkungan Bersih dan Sehat

Jorong Bandarejo dalam peta. (Peta: openstreetmap.org)

Langgam.id - Jorong Bandarejo, Nagari Lingkuang Aua, Kecamatan Pasaman, di Pasaman Barat (Pasbar) masuk nominasi penilaian Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Tingkat Nasional.

Laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasbar pada Selasa (19/3/2019) menyebutkan, penilaian terhadap jorong tersebut sudah dilakukan oleh tim nasional sepekan sebelumnya, pada Selasa (12/3/2019).

Jorong Bandarejo lolos ke tingkat nasional setelah melewati penilaian tingkat kabupaten dan provinsi Sumatera Barat.

Tim penilai dari PKK dan Direktorat Lingkungan Kementerian Kesehatan disambut Bupati Pasbar H. Syahiran, Wakil Bupati Yulianto dan Ketua TP. PKK Ny Yunisra Syahiran serta sejumlah pejabat.

Menurut Bupati Syahiran, tim penilai mendapatkan kesan yang bagus di Jorong Bandarejo.

"Untuk menciptakan lingkungan yang sehat di Pasbar, salah satu program kita, bantuan jamban yang telah mencapai lebih dua ribu. Gerakan ini untuk mengkampanyekan gerakan hidup bersih dan sehat. Dan Jorong Bandarejo merupakan salah satu jorong yang memiliki nilai tertinggi kreativitas gotong royongnya," katanya.

Bupati berharap penilaian yang dilakukan di Jorong Bandarjo oleh tim penilaian dapat memacu semangat masyarakat dan terus mempertahankan pola hidup bersih dan sehat. Walaupun penilaian LBS sudah selesai dilakukan.

"Kepada masyarakat Bandarejo terimakasih atas partisipasinya untuk mendukung kegiatan LBS ini. Kita berharap semoga kita semua bisa menjadi pemenang," ujar Syahiran.

Ketua TP. PKK Ny. Yunisra Syahiran dalam sambutannya menyampaikan Bandarejo masuk penilaian kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) di 10 program pokok PKK. Kegiatan LBS tersebit merupakan refleksi dari program Keluarga Berencana Kesehatan (KB Kes).

"Alhamdulillah, kita masuk dalam nominasi salah satu dari 10 program pokok PKK yakni kategori LBS. Dengan bersih dan sehatnya lingkungan dapat menciptakan keluarga yang sehat pula," ujar Ny. Yunisra Syahiran.

Ketua tim penilai Dr. Rien Riantari dari Pokja IV PKK mengatakan, LBS menjadi pemicu bagi masyarakat untuk terus melakukan gotong royong dan menggerakkan kegiatan PKK

"Kami ke sini atas laporan dokumentasi lanjutan yang telah kami terima beberapa waktu lalu dan pada akhirnya Bandarejo keluar sebagai nominasi LBS tingkat nasional," ujarnya.

Pasbar, menurutnya. patut berbangga dan bahagia karena menjadi salah satu dari 16 provinsi di Indonesia yang masuk menjadi nominasi LBS. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Hasil Penelitian: Indeks Pencemaran Udara di Kawasan PLTU Teluk Sirih Meningkat
Hasil Penelitian: Indeks Pencemaran Udara di Kawasan PLTU Teluk Sirih Meningkat
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kenalkan 2 Produk Baru, FastBio RBD dan VaccarBio
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Bio Farma Kembangkan Medbiz, Belanja Produk Farmasi Langsung dari Distributor Resmi
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengingatkan para Nakes di daerah yang ia pimpin untuk mencegah dan menghindari Pneumonia pada anak.
Kata Mahyeldi Soal Pneumonia pada Anak: Angka Kematiannya Lebih Besar dari Covid-19
Langgam.id - Siang di pertengahan Oktober 2022 terlihat Ira (36), seorang ibu rumah tangga di Jorong Kayu Aro memanen sayur-mayur.
Kelompok Binaan Pabrik Aqua Solok Kembangkan Pertanian Ramah Lingkungan
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH
Melihat Keunggulan Kamar Bedah Operasi di SPH