Jenderal Bintang 3 Datangi Jalan Baru Kampung Dilan yang Dibangun TNI di Pessel

Jenderal Bintang 3 Datangi Jalan Baru Kampung Dilan yang Dibangun TNI di Pessel

Danpusterad) Letjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi. (Dok. Korem 032/Wirabraja)

Langgam.id - Ratusan prajurit TNI masih bekerja membangun jalan 7,9 kilometer jalan baru untuk membuka tiga kampung terpencil di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Proses pembangunan jalan itu pun dipantau langsung Komandan Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat (Danpusterad) Letjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi.

Wisnoe beradai lokasi itu pada Kamis (15/10/2020) lalu. Dia datang didampingi Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada. Dia menyebut kedatangannya itu untuk melakukan pengawasan dan evaluasi.

” Kegiatan wasev ini juga berlaku bagi seluruh satuan-satuan yang melaksanakan program TMMD termasuk juga di kabupaten pesisir selatan ini, agar kami dapat melihat secara langsung progres program serta dampaknya untuk masyarakat sejauh mana, sehingga dapat dijadikan masukan untuk pelkasanaan yang akan datang,” kata Wisnoe, sebagaimana dirilis situs resmi Korem 032/Wirabraja, Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: Buka Kampung Terpencil, Prajurit TNI Bangun 7,9 Km Jalan Baru di Pesisir Selatan

Dia mengatakan, Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD)  ini juga bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan. Wisnoe berharap masyarakat setempat tetap memberi dukungan agar jalan yang sedang dikerjakan bisa menghubungkan tiga desa terpencil di wilayah itu.

”Dukungan dari pemerintah daerah sangat dibutuhkan dalam kelancaran program TMMD ini, tidak hanya itu saja dukungan dari masyarakat pun tidak kalah pentingnya, kita harus menyadari Bahwa TNI dan rakyat tidak bisa di pisahkan," ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati kabupaten Pesisir Selatan Mardi mengatakan kedatangan jenderal bintang tiga ke kampung itu merupakan hal yang jarang terjadi. Menurutnya, jalan di Kampung Dilan itu sudah dinantikan selama 75 tahun.

“Terima kasih bapak Danpusterad sudah berkenan hadir kedaerah kami, jarang-jarang bahkan belum pernah sekalipun jenderal bintang tiga bisa kami lihat dengan mata kepala sendiri,” kata Mardi.

” Kami mewakili masyarakat yang ada mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh jajaran TNI yang sudah berkorban waktu, tenaga, dan fikiran demi terbukanya akses jalan menuju kampung dilan yang sudah dinanti-nantikan selama 75 tahun lama nya,” imbuhnya.

Seperti diketahui, sebanyak 150 prajurit TNI ditugaskan membangun 7,9 kilometer jalan baru untuk membuka tiga kampung terpencil di Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan itu adalah salah satu program dalam Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-109.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni secara resmi membuka kegiatan itu di gedung Painan Convention Centre (PCC), pada Selasa (22/9/2020). Upacara pembukaan TMMD ini, dilaksanakan sesuai dengan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid 19. (*/ABW)

Baca Juga

Rusak sejak puluhan tahun yang lalu, jembatan gantung Kampung Sikabu Munto di Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Pessel
Puluhan Tahun Rusak, Jembatan Gantung Kampung Sikabu Munto Pessel Diperbaiki
Kepala Dinas Pertanian Pesisisr Selatan, Madrianto mengatakan, bahwa pihaknya saat ini menurunkan sebanyak 21 petugas kesehatan hewan
Jadi Daerah Pemasok, 21 Petugas Keswan Pessel Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Dua warga terseret arus Batang Sungai Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Kamis (8/5/2024) sekitar pukul
2 Warga Terseret Arus Sungai Batang Lunang Pessel saat Langsir Sawit